Analisis penetapan Incentiv Compatible Contrain Dalam Profitabilitas Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al Washliyah Medan)

Harahap, Agung Setiawan (2023) Analisis penetapan Incentiv Compatible Contrain Dalam Profitabilitas Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al Washliyah Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_watermark.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB_4.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB_5.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB_dapus.pdf

Download (505kB)

Abstract

incentive compatible constraints adalah cara-cara untuk mengendalikan informasi asimetrik dalam kontrak mudharabah. Pengendalian ini diterapkan untuk memastikan kebenaran, kontrak bagi hasil dapat memungkinkan pengungkapan yang lebih efisien dari setiap asimetri informasi antara pemimpin dan yang dipinjam.Pembiayaan mudharabah merupakan kegiatan pembiayaan yang sarat dengan risiko dan ciri khas pembiayaan ini menuntut sikap saling percaya yang tinggi antara shahibul maal (bank syari’ah) dan mudharib karena bank akan selalu menghadapi permasalahan assymetric information dan moral hazard. Dalam penelitian ini mangangkat rumusan masal yaitu, bagaimana resiko pembiayaan mudharabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-washliyah Medan Bagaimana penetapan Incentive Compatible Constraints dapat menimalisir resiko pembiayaan Mudharabah dari sisi profitabilitas dan apa kendala dalam penetapan Incentive Compatible Constraints. Adapun metode penilitian dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.Pengumpulan data dengan wawancara kepada pihak Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-washliyah Medan dengan menyertakan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penetapan Incentive Compatible Constraints dapat menimalisir resiko pembiayaan Mudharabah dari sisi profitabilitas dengan diterapkanny incentive compatible constraints yang dilakukan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-washliyah Medan terbukti dapat mencegah kerugian yang ditimbulkan oleh nasabah yang tidak amanah. Hal ini menjadi fakta bahwa PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-washliyah Medan telah menerapkan incentive compatible constraints dengan baik. Berdasarkan penjelasan tersebut pihak bank memperoleh keuntungan dari hasil kerja sama antara pihak bank dengan nasabah. Kerja sama yang baik kedua belah pihak akan meningkatkan pembiayaan dan meningkatkan profitabilitas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penetapan, incentive compatible constraints, Pembiayaan Mudharabah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:28
Last Modified: 27 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item