Analisis Pengungkapan Sharia Compliance Dan Islamic Social Reporting (Isr) Pada Pelaksanaan Good Corporate Governance Bank Umum Syariah Di Indonesia

Shafira, Nurul Puteri (2022) Analisis Pengungkapan Sharia Compliance Dan Islamic Social Reporting (Isr) Pada Pelaksanaan Good Corporate Governance Bank Umum Syariah Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (564kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengungkapan sharia compliance dan Islamic Social Reporting pada pelaksanaan Good Corporate Governance bank umum syariah di Indonesia tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengungkapan sharia compliance dan Islamic Social Reporting (ISR) pada pelaksanaan Good Corporate Governance bank umum syariah di Indonesia tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dari 12 bank umum syariah di Indonesia tahun 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi media kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank umum syariah d Indonesia telah mengungkapkan shariah compliance dalam produk/jasa dan kegiatan operasionalnya dengan tingkat pengungkapan diatas 50%. Penungkapan shariah compliance tertinggi yaitu oleh Bank Mega Syariah dan BCA Syariah sebesar 95% dan penungkapan terendah yaitu oleh BTPN Syariah sebesar 73%. Sementara itu, bank umum syariah belum mengungkapkan Islamic Social Reportng (ISR) dengan penuh dalam laporan tangung jawab sosialnya. Dari 12 BUS yang diteliti hanya 3 BUS yang mendapat predikat informatif, yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri sebesar 68% dan Bank Aceh Syariah sebesar 70%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shariah Compliance, Islamic Social Reporting, Good Coporate Governance, Bank Umum Syariah.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:27
Last Modified: 26 Jul 2023 05:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item View Item