Analisis Perkembangan Usaha Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Persfektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal)

Nasution, Nurul Hidayah (2021) Analisis Perkembangan Usaha Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Persfektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
ilovepdf_merged_(1).pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB_IV (1).pdf

Download (637kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan usaha Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap penggunaan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yaitu melakukan wawancara langsung terhadap pelaku UKM yang menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Kecamatan Panyabungan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Kecamatan Panyabungan menurut ketentuannya digunakan untuk tambahan modal usaha sehingga usaha UKM dapat bertahan dan berkembang ditengah Pandemi Covid-19, namun pada kenyataannya di Kecamatan Panyabungan para pelaku UKM yang menerima dana tersebut belum sepenuhnya menggukana dana tersebut untuk tambahan modal usaha dikarenakan berbagai macam factor, dana yang diperoleh sebesar Rp. 2.400.000 yang disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) ke rekening penerima. Bantuan Produktif Usaha Mikro ini (BPUM), dalam ekonomi Islam dikenal dengan Hibah yaitu pemberian yang dilakukan secara sukarela dalam meningkatkan diri kepada Allah tanpa mengharapkan balasan apapun. Hibah merupakan salah satu bentuk tolong menolong dalam kebajikan sesama manusia sangat baik dan benilai positif, dan sebagai pemimpin dana (BPUM) merupakan tanggung jawabnya untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Usaha, Bantuan Produktif Usaha Mikro, Ekonomi Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:41
Last Modified: 26 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20050

Actions (login required)

View Item View Item