Peranan Remaja Masjid al-Falah dalam Mencegah Kenakalan Remaja Melalui Bimbingan Agama Di Dusun IX Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara

Rohaniah, Nur Rahma (2022) Peranan Remaja Masjid al-Falah dalam Mencegah Kenakalan Remaja Melalui Bimbingan Agama Di Dusun IX Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (406kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (464kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (86kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (174kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (76kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (364kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peranan Remaja Masjid al-Falah dalam Mencegah Kenakalan Remaja Melalui Bimbingan Agama Di Dusun IX Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara. Aktivitas remaja mesjid al-Falah, faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja mesjid al-Falah dan hambatan remaja mesjid al-Falah dalam mencegah kenakalan remaja mesjid al-Falah yang ada di Dusun IX Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan riset lapangan. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala desa, sekretaris desa, badan kesejahteraan mesjid (BKM), tokoh ulama dan remaja. Hasil dari penelitian ini adalah berangkat dari fenomena yang memperhatikan generasi muda saat ini dengan kenakalan remaja seperti konsumsi alkohol, narkoba, mencuri, merokok dan lain-lain sehingga mempengaruhi remaja yang ada Di Dusun IX Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara. Remaja mesjid berperan penting dalam mengatasi kenakalan remaja di Dusun IX Desa Perupuk dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti pengajian, solawatan, perwiritan dan juga kegiatan keolahragaan seperti bermain takraw dan bola. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak remaja dengan kesibukan yang islami. Faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja di Dusun IX Desa Perupuk ini salah satunya faktor ekonomi dan faktor lingkungan. Kedua faktor ini yang sangat kuat mempengaruhi terjadinya kenakalan remaja. Remaja yang mulai candu yang dengan namanya Narkoba, mereka mecuri untuk mendapatkan uang memenuhi kebutuhannya yang sudah berketergantungan dengan pengunaan Narkoba.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:45
Last Modified: 21 Jul 2023 07:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20040

Actions (login required)

View Item View Item