Hukum melindungi karyawan di pabrik kelapa sawit tentang keselamatan kerja perspektif Imam As-Syatibi (Studi Kasus Di Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas)

Siregar, Afni Saswita (2023) Hukum melindungi karyawan di pabrik kelapa sawit tentang keselamatan kerja perspektif Imam As-Syatibi (Studi Kasus Di Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (785kB)

Abstract

Latar belakang pada skripsi ini adalah tentang hukum perlindungan keselamatan kerja bagi para pekerja karena dalam mengerjakan suatu pekerjaan masih adanya kejanggalan dan masih seringnya terjadi kecelakaan pada waktu kerja. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang jadi penghambat, khususnya pada pabrik kelapa sawit di Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini ialah (1) bagaimana praktek keselamatan kerja karyawan pada pabrik kelapa sawit Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas ? (2) bagaimana pendapat karyawan terhadap keselamatan kerja karyawan di pabrik kelapa sawit Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas ? (3) bagaimana hukum perlindungan terhadap keselamatan kerja di pabrik kelapa sawit perspektif Imam As-Syatibi ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) praktek keselamatan kerja pada karyawan pabrik kelapa sawit Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. (2) pendapat karyawan terhadap keselamatan kerja karyawan pabrik kelapa sawit Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. (3) hukum perlindungan terhadap keselamatan kerja di pabrik kelapa sawit perspektif Imam As-Syatibi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku dan apa yang terjadi pada masyarakat. Kemudian terjun langsung kelapangan melihat bagaimana penerapan peraturan tersebut, supaya lebih terperinci sehingga dapat dianalisis dan menginterpretasikan melalui data yang terkumpul, menggunakan sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara langsung dengan pihak Pabrik Kelapa Sawit yaitu melalui Pak Sanjaya Marpaung selaku Manager dan Pak Alatas Siregar, Pak Ridwan, Pak Selamat Haidir selaku Karyawan di Pabrik Kelapa Sawit, Data sekunder didapatkan dari berbagai literatur seperti buku, jurnal yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Praktek keselamatan kerja di Pabrik Kelapa Sawit Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas adalah perusahaan telah menyediakan alat pelindung diri keselamatan kerja, tidak tersedianya ahli keselamatan kerja pada perusahaan dan tidak tersedianya gambar atau poster penggunaan alat pada lokasi pabrik pengolahan kelapa sawit (2) Pendapat karyawan terhadap sistem keselamatan kerja di Pabrik Kelapa Sawit Desa Aek Litta Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas adalah perusahaan belum dapat menciptakan tempat kerja yang aman dan jauh dari resiko kecelakaan kerja. Masih ada karyawan yang belum mematuhi peraturan. (3) Hukum perlindungan terhadap keselamatan kerja di Pabrik Kelapa Sawit perspektif Imam As-Syatibi adalah wajib.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Kerja, Pabrik Kelapa Sawit, Imam As-Syatibi, Hukum Melindungi.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:04
Last Modified: 14 Jul 2023 03:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19955

Actions (login required)

View Item View Item