Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di SMAN 1 Kampung Rakyat Labuhan Batu Selatan

Nasution, Ashari (2022) Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di SMAN 1 Kampung Rakyat Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_Ashari_Nasution_baru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_Ashari_Nasution.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB_II_Ashari_Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB_III_Ashari_Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB_IV_Ashari_Naution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB_V_Ashari_Nasution.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Ashari_Nasution_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter cinta tanah air yang disampaikan guru PAI di kelas XI SMAN 1 Kampung Rakyat kabupaten Labuhanbatu selatan, apa saja kendala pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter cinta tanah air di kelas SMAN 1 kampung rakyat labuhan batu selatan serta mengetahui kondisi objektif karakter cinta tanah air siswa di kelas XI SMA N. 1 Kampung Rakyat Labuhanbatu selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan, kualitatif. Prosedur dan rancangan awal penelitian terdiri atas penelitian pra lapangan, lapangan serta pasca lapangan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran pai dalam meningkatkan karakter cinta tanah air. Sedangkan variabel dependen (variabel terikat) adalah pembentukan sikap cinta tanah air di SMAN 1 Kampung Rakyat Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk memperoleh data adalah dengan cara observasi langsung, wawancara langsung, serta dokumentasi dengan teknik analisis data triangulasi. Dari penelitian ini di peroleh hasil bahwa Peningkatan karakter cinta tanah air di SMAN 1 Kampung Rakyat dilakukan dalam berbagai kegiatan, salah satunya penanaman karakter di dalam kegiatan pembelajaran melalui penyusunan RPP berdasarkan silabus dengan memuat atau memasukkan nilai-nilai karakter cinta tanah air dengan menyesuaikan pada pokok bahasan materi PAI serta dengan strategi ceramah. kendala dalam pengimplementasian keteladanan sikap cinta tanah air ini yakni sarana dan prasarana, keteladanan, kesadaran diri siswa yang rendah, keterbatasan waktu pengimpelemntasian pembelajaran di sekolah serta hambatan yang berasal dari lingkungan rumah. Kondisi Objektif Karakter Cinta Tanah Air Siswa Di Kelas XI SMAN 1 Kampung Rakyat Labuhanbatu Selatan.melalui kegiatan upacara bendera. Upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin. Upacara bendera dilaksanakan empat kali dalam satu bulan serta apel pagi setiap hari selain hari senin serta Ekstrakulikuler keagamaan merupakan salah satu wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya dibidang agama islam seperti rohis dan marawis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran PAI, Karakter Cinta Tanah Air
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:14
Last Modified: 13 Jul 2023 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19947

Actions (login required)

View Item View Item