Metode Bimbingan Agama Da’i Dalam Menumbuhkan Pola Pikir Moderasi Beragama Pada Masyarakat Muslim di Kecamatan Sei Bingai

Khalis, Qusairy (2021) Metode Bimbingan Agama Da’i Dalam Menumbuhkan Pola Pikir Moderasi Beragama Pada Masyarakat Muslim di Kecamatan Sei Bingai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui metode-metode yang dilakukan oleh Da’i dalam proses bimbingan agama untuk menumbuhkan pola pikir moderasi beragama pada masyarakat muslim di Kecamatan Sei Bingai. Kedua, untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pola pikir moderasi beragama pada masyarakat muslim di Kecamatan Sei Bingai. Metode Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini ada 3 (tiga) informan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasin data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode-metode bimbingan agama yang dilakukan melalui perwiridan, pengajian remaja masjid, penyelenggaraan kegiatan sosial,dll. (2) faktor-faktornya ialah sikap komitmen akan bangsa yang kuat, sikap toleransi terhadap sesama yang kuat, memiliki prinsip, sikap menghargai tradisi dan budaya lokal di Kecamatan Sei Bingai yang sangat Beragam, dan menjalankan ajaran agama Islam hanya berdasarkan Al-quran dan Al-hadist.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pola Pikir, Moderasi Beragama, Masyarakat Muslim
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:48
Last Modified: 11 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19897

Actions (login required)

View Item View Item