Tinjauan hukum distribusi zakat hasil pertanian pada kepada sesama petani padi menurut Imam Syafi'i (Studi kasus di Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan)

Mrp, Ahmad Sopyan (2022) Tinjauan hukum distribusi zakat hasil pertanian pada kepada sesama petani padi menurut Imam Syafi'i (Studi kasus di Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover Ahmad Sopyan Mrp.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1 Ahmad Sopyan Mrp.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB II Ahmad Sopyan Mrp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB III Ahmad Sopyan Mrp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV Ahmad Sopyan Mrp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
BAB V Ahmad Sopyan Mrp.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Ahmad sopyan Mrp.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zakat adalah istilah kadar harta tertentu yang diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat tertentu. Adapun yang berhak menerima zakat sebagaimana telah ditetapkan oleh Allah Swt didalam Al-qur’an surah at-Taubah ayat 60. Namun berbeda halnya yang terjadi di Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, yang mayoritas penduduknya adalah petani padi yang menganut agama Islam dan bermazhabkan Syafi’i dan mengetahui kewajiban mengeluarkan zakat hanya saja pada pendistribusian zakat padi di Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, sangat menyimpang dan tidak sesuai sebagaimana disebutkan dalam surat at–Taubah ayat 60. Di mana masyarakat Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan saat mendistribusikan zakat hasil pertanian kepada sesama petani yang mana petani tersebut tidak termasuk dari golongan musthahiq zakat dan sikap ini menimbulkan persoalan didalam hukum Islam. Apakah tata cara zakat yang dilakukan oleh masyarakat sah atau tidak. tersebut menjadi dorongan bagi penulis untuk meneliti lebih jauh. Untuk itu ada beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana ketentuan zakat pertanian dalam hukum Islam, bagaimana praktik zakat pertanian di Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan dan bagaimana hukum distribusi zakat kepada sesama petani di Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan Menurut perspektif imam Syafii. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimulai dari pengumpulan data, baik yang primer maupun yang sekunder. Data-data tersebut akan akan ditelusuri dalam literatur yang dipandang relevan. Setelah penulis meneliti dan menganalisa, penulis mengambil kesimpulan bahwa Masyarakat Dusun V Pekan Minggu Desa Bangun Sari Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan adalah mayoritas bermahzab Syafi’i akan tetapi dalam pelaksanaan ibadah dan muamalah khususnya mengenai zakat pertanian padi pada praktiknya bertentangan pendapat Imam Syafi’i, dimana Pelaksanaan zakat yang dilakukan oleh petani padi saling tukar menukar yang petani tersebut bukan dari golongan yang berhak menerima zakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:49
Last Modified: 10 Jul 2023 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item View Item