Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Lingkungan Melalui Program The Gade Clean And Gold Di Bank Sampah Anyelir Kec.Medan Denai

Novanti, Sheilla (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Lingkungan Melalui Program The Gade Clean And Gold Di Bank Sampah Anyelir Kec.Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Timbunan sampah yang semakin meningkat setiap tahunnya merupakan hasil dari pola konsumsi masyarakat yang tinggi. Sebagian besar masyarakat saat ini memandang sampah hanya sebagai bahan sisa yang tidak berguna, bukan sebagai sumber daya potensial yang bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu, perlu adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis bank sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program The Gade Clean and Gold serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam menggumpulkan data di Bank Sampah Anyelir. Bank Sampah Anyelir merupakan suatu bentuk terealisasinya program CSR PT. Pegadaian yaitu program The Gade Clean and Gold yang bekerja sama dengan pemerintah. Hasil dari pemberdayaan yang dilakukan oleh Bank Sampah Anyelir yaitu masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah mendapatkan manfaat berupa tabungan emas, dan masyarakat memiliki kemampuan dalam mengolah sampah serta pengetahuan mengenai pembudidayaan ulat maggot. Faktor pendukungnya yaitu keterlibatan anggota, sarana dan prasarana, keterlibatan masyarakat sekitar dan kerjasama dengan pihak lain dan faktor penghambat yaitu fasilitas yang tersedia saat ini, ketidakdisiplinan nasabah, dan rendahnya pola pikir yang dimiliki masyarakat. Proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan di Bank Sampah Anyelir dengan Program The Gade Clean and Gold berjalan dengan baik dan mendapatkan apresiasi yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, The Gade Clean and Gold, Bank Sampah Anyelir
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:19
Last Modified: 10 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item