Peran Pondok Pesantren Al-Mundziri Terhadap Keberagamaan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Sunggal Kanan,Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang)

Matondang, M. Khalid Alifath B. (2023) Peran Pondok Pesantren Al-Mundziri Terhadap Keberagamaan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Sunggal Kanan,Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WATERMARK M KHALID ALIFATH.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB I WATERMARK M KHALID ALIFATH.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB II WATERMARK M KHALID ALIFATH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III WATERMARK M KHALID ALIFATH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV WATERMARK M KHALID ALIFATH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V WATERMARK M KHALID ALIFATH.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK M KHALID ALIFATH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Desa Sunggal Kanan banyak yang terjerat dalam gerakan misionaris dan murtad dengan berpindah ke agama lain. Berdasarkan realitas tersebut, pondok pesantren Al-Mundziri memberi pengaruh yang cukup kuat bagi masyarakat Desa Sunggal Kanan. Kedatangan pondok pesantren masyarakat Desa Sunggal Kanan menjadi lebih perduli terhadap hal-hal kegiatan keagamaan, peduli terhadap sarana keagamaan, menuntut ilmu agama, mengahadiri setiap acara yang berhubungan dengan keagamaan. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik mengangkat judul skripsi yang berjudul“Peran PondokPesantren Al- Mundziri Terhadap Keberagamaan Masyarakat (Studi Kasus Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara) ”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, peran pondok pesantren Al-Mundziri terhadap keberagamaan masyarakat desa sunggal kanan, serta mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap pondok pesantren Al- Mundziri.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan riset lapangan dengan pendekatan antropologi menggunakan teori komparatif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan memperoleh temuan bahwa Pondok Pesantren Al-Mundziri berperan dalam keberagamaan seperti berdakwah, pembinaan terhadap masyarakat dari berbagai kalangan umur dalam nilai moral, serta mengajak masyarakat untuk salng bersosialisasi. Dan hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah pertama, Pondok Pesantren Al- Mundziri berperan dalam berkontribusi terhadap pola keislaman. Kedua, mewujudkan keberagamaan masyarakat Desa Sunggal Kanan dengan bersosialisasi dan tetap hidup berdampingan dalam lingkungan pesantren, ketiga, memberikan pembinaan keagamaan dan nilai moral terhadap masyarakat. Kehadiran Desa Sunggal Kanan di lingkungan masyarakat Desa Sunggal Kanan mendapatkan respon yang baik,serta adanya lingkungan masyarakat bernuansa islami terlihat dari aktivitas yang di lakukan para santri setiap harinya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Al Mundziri, Keberagamaan,Masyarakat
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:14
Last Modified: 10 Jul 2023 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19859

Actions (login required)

View Item View Item