Analisis Sharia Compliance pada Mekanisme Pembiayaan KPR (Kepemilikan Rumah) dengan Akad Murabahah di Bank Sumut Syariah KCP HM.Yamin

Rizkiyani, Dwi Ayunda (2021) Analisis Sharia Compliance pada Mekanisme Pembiayaan KPR (Kepemilikan Rumah) dengan Akad Murabahah di Bank Sumut Syariah KCP HM.Yamin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover,pengesahan,dll.pdf

Download (592kB)
[img] Text
bab_1_ngambil_izazah_pdf.pdf

Download (626kB)
[img] Text
bab_ll_ngambil_iZAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB_III_NGAMBIL_IZAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB_IV_NGAMBIL_IZAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB_V_NGAMBIL_IZAZAH.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

Sharia compliance dalam Bank Syariah adalah penerapan prinsip-prinsip Islam, syariah dan tradisinya dalam transaksi keuangan dan perbankan serta bisnis lain yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis para responden terhadap sharia compliancel di Bank Sumut Syariah KCP HM.Yamin. metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data, kuiseoner dibagikan ke 30 responden dan di analisis dengan data deskriftif. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah 70% responden setuju bahwa mekanisme pembiayaan KPR (Kepemilikan rumah) di bank sumut syariah KCP HM.Yamin telah menggunakan prinsip-prinsip islam.selain itu, penulis juga menyesuaikan dengan ketentuan sharia compliance dalam Fatwa DSN-MUI No.04/DSNMUI/IV/2000 tentang ketentuan umum murabahah, fatwa DSN No.13/DSN-MUI/IX/2000 tentang uang muka dalam murabahah. Selanjutnya DSN-MUI No.03/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah memperbolehkan bank meminta jaminan kepada nasabah yang di biayai. 30% dari mereka mengatakan tidak setuju, artinya masih ada keraguan pada informan tentang sharia compliance pada bank sumut syariah KCP HM.Yamin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sharia compliance, pembiayaan, murabahah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:50
Last Modified: 03 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item