Program Jama’ah Tabligh Dalam Upaya Merehabilitasi Pengguna Narkoba Di Lembaga Rehabilitasi Pencegahan, Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara indonesia (LRPPN BI) Medan Helvetia

Fitriany, Ika Novita (2022) Program Jama’ah Tabligh Dalam Upaya Merehabilitasi Pengguna Narkoba Di Lembaga Rehabilitasi Pencegahan, Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara indonesia (LRPPN BI) Medan Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Watermark.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (889kB)

Abstract

Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahguna Narkotika Bhayangkara Indonesia (LRPPN BI) merupakan salah satu tempat rehabilitasi korban penyalahguna narkotika. Membantu pemerintah dan instasi yang berhubungan dengan narkoba dan mempunyai tugas serta fungsi untuk mencegahan masalah narkotika. Dimana karena semakin bertambahnya para pemakai narkotika di lembaga rehabilitasi, maka efektivitas rehabilitasi untuk menyembuhkan korban dari narkotika sangat dibutuhkan, karena sulitnya para pengguna narkoba terlepas dari ketergantungan dan mengingat korban dari penyalahgunaan narkotika di LRPPN BI ini semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program religi yang dilaksanakan di Lembaga Rehabilitasi Pencegahan, Penyalahguna Narkotika Bhayangkara Indonesia yang tampaknya mengarah kepada program jama’ah tabligh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi.Jumlah informan pada penelitian ini adalah 1 orang kepala rehabilitasi, 1 orang ustad, 2 orang staff dan 2 orang pecandu narkotika/residen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa program seperti program musyawarah, program ceramah, program taklim (pembacaan kibat al-Quran dan hadis), program mudzakarah penting adab-adab sunah Rasulullah, program sifat-sifat sahabat, program belajar al-Quran dan iqra, serta program yaasiin. Program-program tersebut baik dampaknya bagi pengguna narkoba karena dengan menjalankan program tersebut mereka tampak menjadi lebih baik lagi walaupun terkadang terdapat hambatan seperti kesulitan bangun pagi, kesulitan dalam menghapal dan lainnya. Namun dengan berjalannya program- program ini mereka menjadi orang yang disiplin dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jama’ah Tabligh, Narkotika, Rehabilitasi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:24
Last Modified: 03 Jul 2023 05:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item