Analisis potensi dan pengembangan desa wisata melalui Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) : Studi kasus wisata sawah Sabarang Desa Padang Bulan Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Sari Purnama Zein (2022) Analisis potensi dan pengembangan desa wisata melalui Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) : Studi kasus wisata sawah Sabarang Desa Padang Bulan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB)

Abstract

Wisata Sawah sabarang berada dalam wilayah yang sangat strategis sebagai destinasi wisata karena, lokasinya yang terletak di jalan Lintas Sumatera (Bukittinggi-Padang Sidempuan) dapat menjadi faktor penarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui potensi wisata sawah sabarang melalui badan usaha miik desa (BUMDes) Padang Bulan Kabupaten Mandailing Natal. 2). Mengetahui pengembangan objek wisata sawah sabarang melalui BUMDes desa Padang Bulan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. 3). Mengetahui hasil analisis potensi dan pengembangan desa wisata sawah sabarang melalui BUMDes desa Padang Bulan Kabupaten Mandailing Natal dengan analisis SWOT. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode kualitatif dan data yang dioleh menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Wisata Sawah Sabarang Desa Padang Bulan Kabupaten Mandailing Natal memiliki potensi alam yang masih sangat asri berupa hamparan sawah yang luas, hutan, air terjun dan juga dilintasi sungai Batang Gadis. Kemudian tempatnya yang strategis sebagai destinasi wisata karena, lokasinya yang terletak di jalan Lintas Sumatera (Bukittinggi- Padang Sidempuan) yang menjadi faktor penarik bagi wisatawan untuk berkunjung. 2). upaya pengembangan objek Wisata Sawah Sabarang Desa Padang Bulan yaitu bagaimana tercapainya pemberdayaan objek wisata di Desa Padang Bulan dan juga dapat memperoleh pendapatan asli desa melalui objek wisata sawah sabarang juga pemerintah desa padang bulan berharap agar masyarakat yang mempunyai industri rumah tangga yang telah mendapatkan pelatihan dapat memasaran produknya di wisata sawah sabarang dan tentunya wisata sawah sabarang ini dapat membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya bagi anak-anak muda dan masyarakat desa Padang Bulan. 3). Berdasarkan analisis SWOT menunjukkan bahwa wisata sawah sabarang berada pada posisi yang baik yaitu aggressive / berkembang (strategi SO). Dimana posisi ini dalam sebuah usaha memiliki posisi yang kuat dan berpeluang untuk berkembang. Strategi yang harus diterapkan untuk wisata yang berada pada posisi ini ialah mendukung kebijakan pertumbuhan yang aggressive.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendapatan, Peluang Kerja, Sawah Sabarang, Potensi.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:05
Last Modified: 03 Jul 2023 05:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19800

Actions (login required)

View Item View Item