Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai

Rizki, Dania (2021) Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi interpersonal antara orangtua dengan anak dalam motivasi belajar anak di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai. Berdasarkan hasil data lapangan adanya beberapa strategi komunikasi yang digunakan orangtua terhadap anaknya yang bertujuan agar anaknya tetap termotivasi dalam hal belajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini merupakan warga yang tinggal di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan komunikasi interpersonal merupakan jenis komunikasi yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak. Apalagi penggunaan strategi komunikasi interpersonal yang digunakan para orangtua cukup efektif dalam memotivasi anaknya. Penggunaan strategi komunikasi interpersonal yang digunakan orangtua mampu meningkatkan nilai akademis anak di sekolah. Namun sayangnya masih ada anak yang mengabaikan motivasi yang disampaikan orangtuanya. Faktor yang menghambat strategi komunikasi antara orangtua dengan anak dalam motivasi belajar anak di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, diantaranya anak itu sendiri, waktu, dan bahasa. Faktor anak yaitu anak yang membangkang dengan perkataan orangtuanya, faktor waktu yaitu tidak semua orangtua selalu ada di rumah karena sibuknya bekerja membuat sedikitnya waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Sedangkan faktor bahasa orangtua sulit memilih kata yang tepat dalam berbicara, dan para orangtua sulit mengontrol emosi ketika sedang marah. Adanya perbedaan dalam strategi yang digunakan para orangtua yaitu : perbedaan umur anak dan sifat anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Interpersonal, keluarga, Motivasi Belajar.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:30
Last Modified: 27 Jun 2023 07:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19771

Actions (login required)

View Item View Item