Hak Panitia Amil Zakat Yang Diangkat Oleh BKM Terhadap Penerimaan Zakat Fitrah Menurut Fatwa DSN MUI No 8 Tahun 2011 tentang Amil Zakat (Studi Kasus di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu tali Urang Jehe,Kabupaten Pakpak Bharat)

Angkat, Nurul Hilmi (2022) Hak Panitia Amil Zakat Yang Diangkat Oleh BKM Terhadap Penerimaan Zakat Fitrah Menurut Fatwa DSN MUI No 8 Tahun 2011 tentang Amil Zakat (Studi Kasus di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu tali Urang Jehe,Kabupaten Pakpak Bharat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI NURUL HILMI ANGKAT, S.H.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NURUL HILMI ANGKAT, SH.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI NURUL HILMI ANGKAT, SH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI NURUL HILMI ANGKAT, SH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI NURUL HILMI ANGKAT, SH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NURUL HILMI ANGKAT, SH.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NURUL HILMI ANGKAT, SH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Hak Panitia Amil Zakat Yang Diangkat Oleh BKM Terhadap Penerimaan Zakat Fitrah Menurut Fatwa DSN MUI No 8 Tahun 2011 tentang Amil Zakat (Studi Kasus di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat.) Zakat merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam karena zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang ke tiga yang wajib dilakasanakan oleh setiap orang Muslim. Seperti yang terjadi di Mesjid Al-Hidayah Kuta Rimbaru, Mesjid Al-Ikhlas Cubancer, dan Mesjid Al-Ikhlas Sada Ukur Kecamatan Sitellu tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat, akan tetapi dalam pelaksanaan pengelolaan zakatnya tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berhak atau tidaknya amil zakat yang diangkat oleh BKM terhadap Penerimaan Zakat Fitrah Menurut Fatwa DSN MUI No 8 Tahun 2011 tentang Amil Zakat. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini Sumber data primer yang digunakan adalah motode wawancara dan dokumentasi dengan Pihak BKM, Panitia Amil Zakat Juga Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Pak-pak Bharat. Untuk sumber data sekunder yaitu menggunakan beberapa buku dan aturan undang-undang yang membahas mengenai tema penelitian. Kesimpulan dari skripsi ini adalah jika dilihat dari Prosedur penunjukan dan pengangkatan amil zakat telah bertentangan dengan aturan yang berlaku sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. maka berdasarkan peraturan yang berlaku, penunjukan maupun pengangkatan amil zakat tersebut dapat dinyatakan tidak sah dan para amil zakat tidak berhak untuk menerima bagian zakat mereka. Selanjutnya mengenai pengelolaan zakat panitia amil zakat akan mengumumkan kepada masyarakat tentang pembayaran zakat, bentuk dari pengumuman itu adalah lewat pengeras suara yang diumumkan dari masjid dan juga tausyiah yang disampakan oleh ustad mengenai pembayar zakat fitrah. Menurut pandangan MUI Kabupaten Pakpak Bharat terkait dengan proses pengangkatan amil zakat oleh BKM tanpa adanya pengesahan dari pemerintah dapat dinyatakan cacat secara hukum administrasi negara. kemudian terkait pengelolaan/pendistribusian zakat kepada mustahiq tetap sah menurut agama, karena tidak ada aturan yang dilanggar baik dari pihak muzakki maupun mustahiq kecuali kepada amil zakat pada tiga mesjid yang menjadi lokus penelitian penulis.Kemudian menganai hak panitia amil zakat pada kasus ini bahwasanya panitia amil zakat tidak berhak atas penerimaan zakat fitrah sebab proses pengangkatan panitia amil zakat tidak sesuai dengan ketentuan aturan hukum yang berlaku. yaitu terdapat dalam Fatwa DSN MUI No 8 Tahun 2011 tentang Amil Zakat pada Ketentuan Hukum Pertama Nomor 1 Huruf a dan b.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:24
Last Modified: 22 Jun 2023 07:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item View Item