Pengembangan Modul Genetika Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadist

Dalimunthe, Rija Khairiyah (2022) Pengembangan Modul Genetika Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadist. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER RIJA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I RIJA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II RIJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
BAB III RIJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV RIJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RIJA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIJA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktivitas dan efektivitas dari modul genetika terintegasi Al-Qur’an dan hadist untuk kegiatan pembelajaran biologi pada materi genetik di kelas XII MA semester ganjil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D-Models) yang memiliki empat tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 November 2021 pukul 08.30 terhadap 32 peserta didik kelas XIIA Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa: (1) angket ahli materi, (2) angket ahli agama, (3) angket ahli media, (4) angket respon guru, (5) angket respon siswa, (6) lembar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil validasi produk dari beberapa ahli didapatkan penilaian dai ahli materi yaitu 91,03% dengan kriteria sangat valid, ahli agama yaitu 88% dengan kriteria sangat valid dan ahli media yaitu 96,6% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon guru 80% dengan kriteria paktis dan respon peserta didik 71% dengan kriteria cukup praktis. Sedangkan hasil perolehan nilai ata-rata N-Gain score pada hasil belajar peserta didik yaitu 79% dengan kriteria efektif sehingga dapat di simpulkan bahwa modul genetika terintegrasi Al-Qur’an dan Hadist tersebut valid, praktis, dan efektif di gunakan untuk kegiatan pembelajaran pada materi genetik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Al-Qur’an dan Hadist, Genetika
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:37
Last Modified: 22 Jun 2023 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19669

Actions (login required)

View Item View Item