Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendisiplinkan Ibadah Salat Wajib dan Sikap Religius selama Masa Pandemi Covid-19 Siswa Madrasah Tsanawiyah PAB 2 Sampali Medan

Nasution, Yusri Purnama Anju (2022) Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendisiplinkan Ibadah Salat Wajib dan Sikap Religius selama Masa Pandemi Covid-19 Siswa Madrasah Tsanawiyah PAB 2 Sampali Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover sampai daftar isi.pdf

Download (571kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
4. BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
5. BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
6. BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
7. BAB V-1.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religius siswa MTs PAB 2 Sampali Medan, (2) Cara penerapan kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religius siswa MTs PAB 2 Sampali Medan (3) Hambatan kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religius siswa MTs PAB 2 Sampali Medan, (4) Solusi kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religus siswa MTs PAB 2 Sampali Medan. Penggunaan metode penelitian yang dilihat dari jenis penelitiannya yakni menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mendapatkan data-data yang tertulis maupun yang lisan dari objek-objek yang diamati sehingga penelitian yang dijalankan bersifat natural atau tanpa rekayasa karena menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs PAB 2 Sampali Medan menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kerjasama yang dilakukan guru dengan orangtua dapat melalui komite madrasah dengan melakukan pertemuan antara pihak sekolah dan orangtua, kemudian juga menggunakan alat bantu berupa buku mutaba’ah, buku benghubung dan akun grup sosmed. (2) Cara penerapan kerjasama guru PAI dan orangtua dengan memberikan teladan atau contoh yang baik, lalu memberikan nasehat serta mengontrol setiap kegiatan siswa, serta memberikan sanksi (3) Hambatan yang dihadapi oleh guru dan orangtua yaitu orangtua tidak dapat menghadiri pertemuan oleh guru di sekolah, siswa sering lupa membawa buku mutaba’ah, orangtua sering lupa mengisi buku mutaba’ah sehingga anak sering mengisi buku mutaba’ahnya sendiri. (4) Solusi untuk mempermudah kerjasama antara guru dengan orangtua dengan cara komunikasi berkelanjutan dan sering diadakannya pertemuan untuk menunjang keberhasilan dari suatu kegiatan yang telah disusun dan direncanakan secara sistematis, serta membuat akun grup.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Disiplin Beribadah, Sikap Religius
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:20
Last Modified: 22 Jun 2023 04:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item View Item