Nasution, Yusri Purnama Anju (2022) Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendisiplinkan Ibadah Salat Wajib dan Sikap Religius selama Masa Pandemi Covid-19 Siswa Madrasah Tsanawiyah PAB 2 Sampali Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover sampai daftar isi.pdf Download (571kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
4. BAB II-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
Text
5. BAB III-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
6. BAB IV-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
|
Text
7. BAB V-1.pdf Download (58kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religius siswa MTs PAB 2 Sampali Medan, (2) Cara penerapan kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religius siswa MTs PAB 2 Sampali Medan (3) Hambatan kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religius siswa MTs PAB 2 Sampali Medan, (4) Solusi kerjasama guru PAI dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah salat wajib dan sikap religus siswa MTs PAB 2 Sampali Medan. Penggunaan metode penelitian yang dilihat dari jenis penelitiannya yakni menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mendapatkan data-data yang tertulis maupun yang lisan dari objek-objek yang diamati sehingga penelitian yang dijalankan bersifat natural atau tanpa rekayasa karena menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs PAB 2 Sampali Medan menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kerjasama yang dilakukan guru dengan orangtua dapat melalui komite madrasah dengan melakukan pertemuan antara pihak sekolah dan orangtua, kemudian juga menggunakan alat bantu berupa buku mutaba’ah, buku benghubung dan akun grup sosmed. (2) Cara penerapan kerjasama guru PAI dan orangtua dengan memberikan teladan atau contoh yang baik, lalu memberikan nasehat serta mengontrol setiap kegiatan siswa, serta memberikan sanksi (3) Hambatan yang dihadapi oleh guru dan orangtua yaitu orangtua tidak dapat menghadiri pertemuan oleh guru di sekolah, siswa sering lupa membawa buku mutaba’ah, orangtua sering lupa mengisi buku mutaba’ah sehingga anak sering mengisi buku mutaba’ahnya sendiri. (4) Solusi untuk mempermudah kerjasama antara guru dengan orangtua dengan cara komunikasi berkelanjutan dan sering diadakannya pertemuan untuk menunjang keberhasilan dari suatu kegiatan yang telah disusun dan direncanakan secara sistematis, serta membuat akun grup.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama, Disiplin Beribadah, Sikap Religius |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 04:20 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 04:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19667 |
Actions (login required)
View Item |