Analisis sistem klaim asuransi pertanian perspektif etika bisnis islam (Studi Pada Kelompok Tani DiKecamatan Kualuh Selatan)

Sipa, Fajar Dwi Ramadhan (2022) Analisis sistem klaim asuransi pertanian perspektif etika bisnis islam (Studi Pada Kelompok Tani DiKecamatan Kualuh Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (968kB)

Abstract

Secara umum tujuan asuransi untuk sektor pertanian adalah untuk memberikan proteksi atau penggantian terhadap risiko gagal panen akibat serangan hama, penyakit, ataupun bencana alam.Saat ini usaha perasuransian tidak terpaku tentang asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau asuransi pendidikan, tetapi ada asuransi untuk pertanian yaitu asuransi usaha tani padi (autp). Di dalam Perasuransian Sistem Klaim asuransi merupakan suatu cara atau metode dalam pembayaran ganti rugi apabila terjadi kerugian pada sesuatu yang diasuransikan namun penanggung berhak untuk menentukan cara pelaksanaan pembayaran ganti rugi kepada tertanggung dengan syarat dan mekanisme yang diberikan oleh tertanggung. Namun dengan begitu sistem bisnis asuransi yang di tawarkan oleh penanggung haruslah sesuai dengan etika bisnis islam sebagaimana moralitas, berisikan nilai dan norma-norma konkret yang menjadi pedoman dan pegangan hidup manusia dalam seluruh kehidupan. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional membantu manusia bertindak secara bebas, tetapi dapat dipertanggung jawabkan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sistem ganti rugi asuransi pertanian itu berjalan dan apakah Sistem Klaim itu sudah sesuai dengan etika bisnis islam, studi pada kelompok tani lubung desa yang ada di Desa Sei Dua dua Kecamatan Kualuh Selatan dengan menggunakan metode peneitian kualitatif

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Pertanian, Sistem Klaim, Etika Bisnis Islam
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:53
Last Modified: 21 Jun 2023 08:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19637

Actions (login required)

View Item View Item