Fenomena Hijrah dan Pengaruhnya Terhadap Kaum Milenial (Studi Kasus Komunitas Sahabat Hijrahkuu di Masjid Al-Jihad Kota Medan)

Syahputri, Agustien (2021) Fenomena Hijrah dan Pengaruhnya Terhadap Kaum Milenial (Studi Kasus Komunitas Sahabat Hijrahkuu di Masjid Al-Jihad Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover, persuratan,abstrak,kata pengantar dan daftar isi.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_WPS_Office (3).pdf

Download (258kB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena hijrah dan pengaruhnya terhadap kaum milenial (studi kasus terhadap komunitas sahabat hijrahkuu di kota medan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna hijrah menurut Komunitas Sahabat Hirjrahkuu, tantangan yang dihadapi kaum milenial dalam berhijrah, pengaruh keagamaan komunitas sahabat hijrahkuu setelah berhijrah. dan pentingnya penelitian ini adalah untuk memecahkan sebuah masalah yang ada di masyarakat terutama dalam hal berhijrah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif berupa lapangan (field research). Pendekatan kualitatif yang dikembangkan berupa penelitian sosial dan fenomena budaya. Terkait dengan sumber data, di sini penulis menggali data dengan membedakan menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Temuan penelitian ini adalah : 1) pandangan tentang hijrah Hijrah yaitu proses untuk menjadikan lebih baik dari sebelumnya, bukan hanya dari pakaian, tetapi dari tingkah laku dari sikap kita sama orang lain, yang mana dari kehidupan sehari-hari terhadap lingkungan sekitar. Kita ketahui bersama bahwa hijrahnya itu sendiri sebenarnya gampang, yang menjadi kendalanya itu adalah istiqamahnya. Hijrah juga merupakan pembahasan yang cakupannya sangat luas. Hijrah dapat diartikan sebagai perpindahan dari yang negatif ke positif baik itu dalam bentuk jasmani-rohani (pakaian-akhlak). 2) Kita ketahui bersama, hijrah itu perjalanan yang indah namun penuh tantangan dan rintangan, penuh lika liku yang mana kita berproses menjadi manusia yang lebih baik dari hari sebelumnya, memang berat tapi kalau didasarkan atas keimanan, dilakukan dengan bersungguh-sungguh dengan semata-mata untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT. Semua itu tergantung niatnya bagaimana. 3) Pada dasarnya pengaruh yang membuat kita untuk berhijrah untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT adalah salah satunya faktor dari lingkungan. Faktor ini sangat berpengaruh terhadap hijrah seseorang, baik dari teman bergaul, komunitas, maupun dari kalangan organisasinya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fenomena, hijrah dan kaum milenial
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:30
Last Modified: 19 Jun 2023 07:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19604

Actions (login required)

View Item View Item