Perkembangan Dan Syiar Agama Islam dan Kristen (Studi Kasus Kelurahan Tegal Sari Mandala III Kecamatan Medan Denai Kota Medan)

Simamora, Vika Tamara (2022) Perkembangan Dan Syiar Agama Islam dan Kristen (Studi Kasus Kelurahan Tegal Sari Mandala III Kecamatan Medan Denai Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (728kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena bahwa masyarakat Tegal Sari Mandala III merupakan masyarakat yang terletak di Kecamatan Medan Denai, Provinsi Sumatera Utara. Dimana terdapat perbedaan agama yang hidup berdampingan dan sampai sekarang belum terjadi konflik antar pemeluk agama tersebut. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk (pluralistik society). Kemajemukannya tersebut antara lain ditandai oleh berbagai perbedaan, baik perbedaan kehidupan politik, sosial, budaya, suku bangsa, adat istiadat maupun agama. Tujuan Penelitian ini terbagi dua macam : Secara Teoritis (1) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan agama Islam dan Kristen di KelurahanTegal Sari Mandala III (2) Untuk mengetahui bagaimana proses perkembangan agama Islam dan Kristen di Kelurahan Tegal Sari Mandala III. Dan Secara Praktis, (1)Penelitian ini dibuat untuk sebagai salah satu syarat bagi peneliti untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh gelar sarjana dalam program stara satu (S1) di jurusan Studi Agama- Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam. Penelitian ini menggunakan Metode Sejarah. Metode sejarah adalah untuk menyelidiki fakta dan data masa lalu melalui pembuktian, penafsiran, dan penjelasan. Sedangkan teorinya adalah Teori Komperatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Jenis Penelitian menggunakan jenis lapangan (field research) yang bersifat Kualitatif. Di Kelurahan Tegal Sari Mandala III menunjukkan bahwa perkembangan agama Islam dan Kristen tidak menimbulkan konflik dikarenakan antar umat beragama saling menghormati, saling menjaga, dan melindungi serta kerjasama dalam kegiatan keagamaan. Lebih lanjut diketahui bahwa faktor pendorong terjadinya perkembangan agama Islam dan Kristen yaitu dikarenakan ajaran agama dan peran tokoh agama selalu menjaga kerukunan umat beragama. Temuannya bahkan pemuka agama baik itu Islam dan Kristen saling bertegur sapa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:29
Last Modified: 19 Jun 2023 03:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item