Analisis Implementasi Kepatuhan Syariah Pada Pembiayaan Hybrid Contract Berdasarkan Fatwa DSN-MUI di BPRS Puduarta Insani

Rahma, Mawadda Siti (2022) Analisis Implementasi Kepatuhan Syariah Pada Pembiayaan Hybrid Contract Berdasarkan Fatwa DSN-MUI di BPRS Puduarta Insani. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover ira fixx new.pdf

Download (876kB)
[img] Text
Bab I_Skripsi_Mawada Siti Rahma.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Bab II_Skripsi_Mawada Siti Rahma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Bab III_Skripsi_Mawada Siti Rahma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Bab IV_Skripsi_Mawada Siti Rahma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
Bab V_Skripsi_Mawada Siti Rahma.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Skripsi_Mawada Siti Rahma.pdf

Download (629kB)

Abstract

Hybrid Contract merupakan kesepakatan dua pihak untuk melaksanakan suatu perjanjian yang meliputi dua akad atau lebih. Salah satunya ialah produk pembiayaan murabahah bil wakalah. Murabahah merupakan salah satu contoh produk pembiayaan yang sering kali di himpun dengan akad wakalah yang bertujuan agar nasabah dapat dengan mudah memilih barang yang dibutuhkan, karena bank tidak dapat menyediakan semua barang keperluan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, pertama mengenai implementasi produk pembiayaan hybrid contract di BPRS Puduarta Insani. Kedua untuk mengetahui tingkat kepatuhan syariah pada produk pembiayaan hybrid contract di BPRS Puduarta Insani dengan fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Implementasi Kepatuhan Syariah Pada Pembiayaan Hybrid Contract di BPRS Puduarta Insani dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap analisa pembiayaan, tahap komite dan tahap maintance yang dilakukan hingga lunas. Implementasi kepatuhan syariah pada pembiayaan hybrid contract di BPRS Puduarta Insani belum sepenuhnya sesuai dengan Fatwa DSN-MUI fatwa No: 04/DSNMUI/IV/2000 tentang Murabahah. Karena dalam penerapannya BPRS Puduarta Insani melakukan akad Murabahah dan akad Wakalah secara bersamaan dalam satu waktu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kepatuhan Syariah, Hybrid Contract, Murabahah Bil Wakalah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:30
Last Modified: 19 Jun 2023 02:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19575

Actions (login required)

View Item View Item