Implementasi Layanan Informasi Serta Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Pembinaan Minat Dan Bakat Siswa Di Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Deli Serdang

Mutiara, Mutiara (2022) Implementasi Layanan Informasi Serta Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Pembinaan Minat Dan Bakat Siswa Di Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Deli Serdang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang implementasi layanan Informasi serta layanan penempatan dan penyaluran dalam pembinaan minat dan bakat siswa. Penelitian ini dilatari oleh kurangnya informasi yang didapatkan siswa dalam pembinaan minat dan bakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi layanan informasi serta layanan penempatan dan penyaluran dalam pembinaan minat dan bakat siswa di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan secara umum mengajukan 3 (Tiga pertanyaan) yaitu: Pertama, Bagaimana pelaksanaan Implementasi layanan Informasi dalam pembinaan minat dan bakat siswa di sekolah SMA Muhammadiyah 18 Sunggal? Kedua, Bagaimana Bagaimana pelaksanaan Implementasi layanan Penempatan dan Penyaluram dalam pembinaan minat dan bakat siswa di sekolah SMA Muhammadiyah 18 Sunggal? Ketiga,apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Implementasi layanan Penempatan dan Penyaluram dalam pembinaan minat dan bakat siswa di sekolah SMA Muhammadiyah 18 Sunggal.Penelitian ini menemukan bahwa guru Bimbingan Konseling menerapkan layanan informasi serta layanan pemenpatan dan penyaluran untuk membantu pembinaan minat dan bakat siswa dilakukan dengan cara klasikal dan dilakukan pendampingan secara kontiniu, dalam berbagai permasalahan yang dialami siswa seperti dalam penempatan minat dan bakat sesuai dengan bidangnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah,wakil kepala sekolah dan guru BK yang telah melakukan layanan tersebut ditemukan bahwa layanan informasi serta layanana penempatan dan penyaluran dapat meningkatkan pembinaan minat dan bakat siswa di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Hal itu didasari oleh perubahan yang dialami oleh siswa yang pada awalnya didapati merasa kebingungan dengan pemilihan ekstrakurikuler dalam menyesuaikan minat dan bakat yang dimiliki,kemudian setelah mendapatkan layanan informasi serta layanan penempatan dan penyaluran siswa jadi lebih mudah dalam menempatkan minat dan bakat yang dimiliki dalam bidang akademik maupun non akademik, hal ini mengisyaratkan siswa menjadi lebih baik dan perlahan- lahan terlepas dari masalahnya. Kemudian faktor penghambat yang dialami oleh guru BK adalah masalah waktu yang kurang banyak dalam memberikan layanan, dan faktor pendukung nya yaitu guru BK memiliki instrument tes yang bisa diberikan kepada siswa dalam melihat minat dan bakat sesuai dengan bidangnya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi. Layanan Penempatan dan Penyaluran. Pembinaan minat dan bakat siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:16
Last Modified: 16 Jun 2023 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19558

Actions (login required)

View Item View Item