Playing Victim Dalam Kehidupan Sosial (Analisis Penafsiran Ibnu Kaṡīr Terhadap Q.S An-Nisā’: 112 Dalam Tafsīr Al-Qur`ān Al-`Aẓīm)

Sihaloho, Fitriana (2023) Playing Victim Dalam Kehidupan Sosial (Analisis Penafsiran Ibnu Kaṡīr Terhadap Q.S An-Nisā’: 112 Dalam Tafsīr Al-Qur`ān Al-`Aẓīm). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (459kB)

Abstract

Setiap manusia memiliki sikap yang dapat dilihat dari sisi positif dan sisi negatif. Salah satu sikap negatif yang dimiliki manusia yaitu playing victim. Istilah playing victim banyak digunakan di zaman sekarang untuk menunjukkan orang yang suka menuduhkan kesalahannya kepada orang lain, dan membuat seakan-akan dialah korban dari kesalahan tersebut. Perbuatan dari playing victim ini dapat merugikan pelakunya, maupun orang yang menjadi korban dari perlakuan playing victim. Akibat dari perbuatan ini, orang yang tidak bersalah menjadi mendapat tuduhan yang tidak benar dan dapat merusak nama baiknya. Pelaku playing victim ini banyak ditemukan dikehidupan sosial dalam keseharian, dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pemahaman mengenai playing victim, mengetahui biografi dari Ibnu Kaṡīr dan Tafsir Al-Qur’an Al-`Aẓīm, serta mengetahui playing victim dalam Tafsīr Al-Qur`ān Al-`Aẓīm. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan penelitian library research dan metode Al-Qur’an yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Tahlili (analisis). Playing victim adalah suatu sikap seseorang yang menuduh dan menyalahkan orang lain yang tidak bersalah, dan memutarbalikan fakta bahwa ia adalah korban dari kesalahan tersebut padahal ia sendiri lah yang melakukannya. Di dalam Q.S An-Nisā’ ayat 112 Ibnu Kaṡīr dijelaskan bahwa playing victim adalah perbuatan yang dilarang oleh Allah, dan perbuatan tersebut pernah dilakukan oleh Bani Ubairik kepada Labib bin Sahl dan Allah melarangnya. Perbuatan playing victim ini adalah perbuatan dosa dan akan menerima balasan dari Allah Swt. Namun apabila manusia melakukan perbuatan playing victim tersebut lalu menyadari kesalahannya dan segera bertaubat, maka Allah akan mengampuninya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Playing Victim, Sosial
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:04
Last Modified: 11 Sep 2023 08:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19530

Actions (login required)

View Item View Item