Dimensi Ekologi Dalam Penafsiran Alquran Surah Ar-Rum Ayat 41 Dan Al-A'raf Ayat 56 (Studi Kitab Tafsir AlMisbah Karya Muhammad Quraish Shihab)

Permata, Arnita Diah (2022) Dimensi Ekologi Dalam Penafsiran Alquran Surah Ar-Rum Ayat 41 Dan Al-A'raf Ayat 56 (Studi Kitab Tafsir AlMisbah Karya Muhammad Quraish Shihab). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (231kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Dimensi Ekologi Dalam Penafsiran Alquran Surah ArRum Ayat 41 Dan Al-A‟raf Ayat 56 Studi Kitab Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Diangkatnya judul skripsi ini terinspirasi dari banyaknya terjadi pada kerusakan alam seperti banjir, tanah longsor, dan sebagainya di bumi ini baik di negeri kita Indonesia maupun di luar negeri. Kejadian ini menjadi peringatan yang luar biasa untuk dipertimbangkan oleh manusia. Namun tidak sedikit dari manusia yang sadar akan pentingnya menjaga alam. Sebagaimana yang telah dipahami bahwa alam merupakan tempat manusia untuk hidup dan berkembang. Hubungan manusia dengan alam saling berkaitan, dari alamlah manusia mendapatkan penghidupan dan tanpa alam manusia dan makhluk lainnya akan terancam. Tindakan manusia terhadap alam akan berdampak negatif pada diri manusia itu sendiri dan mahluk lainnya pun akan terancam atau mengalami hal yang sama dengan manusia.Untuk itu diperlukan kajian ilmiah bagaimana cara manusia agar terhindar dari kerusakan alam. Dan di dalam Alquran terdapat ayat yang membahas tentang kelestarian alam tepatnya di surah ar-Rum ayat 41 dan al-A‟raf ayat 56. Kemudian peneliti menggunakan tafsir al-Misbah yang yang ditulis oleh mufassir yaitu Prof. Muhammad Quraish Shihab. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan skripsi ini yakni berbentuk penelitian kepustakaan (library research) yakni merupakan studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen-dokumen, buku-buku, majalah, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan sebagainya. Penelitian inni juga termasuk kedalam metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini adalah untuk menjeaskan kajian dimensi ekologi menganai kelestarian alam yang terjadi di bumi ini, sekaligus mengetahui makna ayat didalam Alquran mengenai kelestarian alam dengan penafsiran al-Misbah karya Prof. Muhammad Quraish Shihab pada surah ar-Rum ayat 41 an al-A‟raf ayat 56. Bahwa kelestarian alam yang terjadi dibumi ini disebabkan oleh tanan manusia itu sendiri

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Ekologi, Kelestarian Alam, Tafsir Al-Misbah, Ar-Rum : 41 dan Al-A‟raf : 56.
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:54
Last Modified: 13 Jun 2023 08:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item