Praktik Menukar Beras Dengan Beras Menurut Imam Syafi'i (Studi Kasus Desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal)

Hasibuan, Umaimah Azhari (2022) Praktik Menukar Beras Dengan Beras Menurut Imam Syafi'i (Studi Kasus Desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
CAVER SKRIPSI UMAIMAH AZHARI HASIBUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI UMAIMAH AZHARI HASIBUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI UMAIMAH AZHARI HASIBUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI UMAIMAH AZHARI HASIBUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI UMAIMAH AZHARI HASIBUAN 123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI UMAIMAH AZHARI HASIBUAN 123.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI UMAIMAH AZHARI HASIBUAN 123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah di desa Malintang kebiasaan masyarakat desa Malintang yaitu menukar barang sejenis yang ditukar menurut kualitas dan menghasilkan penukaran barang sejenis tetapi beda takaran, seperti menukar beras dengan beras, dimana seseorang mempunyai beras kualitas sedang akan di tukar dengan kualitas bagus atau onom opat kepada tetangga atau langsung ke kilang padi, barter tersebut akan mengasilkan penukaran barang sejenis tetapi beda timbangan dan berat, hal ini dilihat dari harga dan kualitas suatu barang. Jelas praktek ini sangat dilarang dalam Islam. Skripsi ini penulis membahas tentang bagimana praktek menukar beras dengan beras di desa Malintang Kec. Bukit malintang Kab. Mandailing Natal, hukum transaksi menukar beras dengan beras di desa Malintan kec. Bukit Malintang kab. Mandailing Natal. Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan di atas, studi ini diarahkan pada penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Penulis mengambil lokasi data di desa Malintang kec. Bukit Malintang kab. Mandailing natal. Teknik analisis data yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu meneliti kelapangan dengan sistem wawancara kepada pihak yang di kaji atas materi hukum, selanjutnya peneliti juga menggunakan penelitian library research, yaitu mengambil rujukan dari kitab-kitab yang bersangkutan dengan peneliti ini. Berdasarkan wawancara yang ditemukan penulis di lapangan praktek menukar beras dengan beras di desa Malintang kec. Bukit Malintang kab. Mandailing Natal tidak sesuai menurut imam Syafi’i, imam Syafi berkata maka pengharaman penukaran keduanya adalah jenis makanan dilihat dari takaran bahwa seluruhnya dimakan. Dari pendapat imam Syafi’i di atas jelas bahwa praktek menukar beras dengan beras yang dilakukan di desa Malintang kec. Bukit malintang kab. Mandailing mengandung unsur riba yaitu riba fadhl.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Beras
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:21
Last Modified: 12 Jun 2023 02:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item