Efektifitas manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MtsN 3 Mandailing Natal Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara

Ridho, M.Yassir (2023) Efektifitas manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MtsN 3 Mandailing Natal Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 3 (1). ISSN 2775-2372

[img] Text
M YASSIR RIDHO.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru dalam mengelola kelas di MTsN 3 Mandiling Natal, 2) peran kepala madrasah sebagai fasilitator 3) potensi fasilitas dalam mendukung pembelajaran Natal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Mandailing Natal Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam melaksanakan manajemen kelas atau pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dikatakan baik, karena guru-gurunya sudah melakukan atau melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik contohnya seperti guru sudah menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, menciptakan lingkungan kelas yang bersih, mengatur formasi tempat duduk siswa, menciptakan interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dengan baik, menerapkan disiplin, menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran siswa, serta menggunaka media pembelajaran. 2) peran kepala madrasah sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dikatakan baik, karena sebagai kepala madrasah sebagai fasilitator beliau sudah memberikan fasilitas dan pelayanan yang memadai serta memberikan pengawasan dan bimbingan. 3) potensi fasilitas mendukung manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa masih kurang/minim, karena fasilitas yang ada di madrasah masih terbatas seperti kurangnya alat penunjang pembelajaran seperti spidol, tinta spidol, rol panjang, penghapus, kurangnya persediaan buku di perpustakaan sebagai sumber belajar, dan media-media pembelajaran.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Manajemen Kelas, Meningkat Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:36
Last Modified: 07 Jun 2023 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19457

Actions (login required)

View Item View Item