Pengaruh Non Performing Finance (NPF ) Dan Return On Asset (ROA) Terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) Bank Umum Syariah Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid-19 di Indonesia (Studi Kasus Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di OJK)

Zebua, Yunita Sari (2022) Pengaruh Non Performing Finance (NPF ) Dan Return On Asset (ROA) Terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) Bank Umum Syariah Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid-19 di Indonesia (Studi Kasus Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di OJK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Yunita.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB I YUNITA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II YUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III YUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB IV YUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V YUNITA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) merupakan dana yang dipersiapkan oleh Bank Umum Syariah dalam rangka menerapkan prinsip kehati-hatian terhadap kegiatan usahanya. Dana CKPN yang terbentuk nantinya akan digunakan untuk menutupi perkiraan adanya kerugian pada waktu mendatang, akibat adanya pembiayaan bermasalah. Dalam penelitian ini memaka CKPN sebagai variabel dependen dan NPF serta ROA sebagai variabel independen. Tujuan dari penelitian ini yakni guna menjelaskan pengaruh yang diberikan oleh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen baik secara sendiri-sendiri (uji-t) maupun secara simultan atau bersama-sama (uji-F). Penelitian ini memakai teknik penelitian kuantitatif. Dengan data yang dianalisa berupa data kuantitatif yang berjenis dari data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi triwulan Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode pelaporan dari tahun 2018-2021. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini yakni dokumentasi dan studi kepustakaan. Dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah bahwa NPF secara sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap CKPN, dimana NPF mempunyai nilai t-hitung 4,069 > 1,987 t-tabel. Dan ROA juga secara sendiri berpengaruh terhadap CKPN dengan menghasilkan nilai t-hitung 4,587 > 1,987 t-tabel. Dan secara simultan NPF dan ROA berpengaruh terhadap CKPN dengan F-hitung sebesar 11,99 > 3,09 F-tabel. Dan R2 sebesar 0,216 atau secara simultan variabel independen berpengaruh sebsar 21,6% terhadap variabel dependen.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN). Non Performing Finance (NPF). Return On Asset (ROA)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:42
Last Modified: 05 Jun 2023 03:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item View Item