Program Pemberdayaan Kelompok Tani Enggal Mukti Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Persepektif Islam di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Kurniawan, Dimas (2022) Program Pemberdayaan Kelompok Tani Enggal Mukti Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Persepektif Islam di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.docx.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Program Pemberdayaan Kelompok Tani Enggal Mukti Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyrakat Menurut Persepektif Islam di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Pemberdayaan masyarakat adalah suatu proses dimana masyarakat, terutama masyarakat yang lemahnya dalam berpartisipasi dan kelompok yang terabaikan bisa kita ketahui dari tabel yang sudah saya lampirkan di hasil penelitian. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif berlandasan pada penggunaan keterangan secara lengkap dan mendalam mengeinterprestasikan data tentang variable dan metode yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah mengetahui Pemberdayaan serta program yang dilakukan oleh Kelompok Tani Enggal Mukti dalam Meningkatakn Kesejahteraan Menurut Persepektif Islam. Pemberdayaan dalam pandangan Islam dilihat dari prinsip-prinsip Islam yaitu prinsip tauhid, prinsip bekerja dan produktifitas, prinsip maslahah, dan prinsip ta’awun (tolong menolong) bahwa pemberdayaan masyarakat pada anggota kelompok tani Enggal Mukti telah sesuai dengan aturan-aturan atau batasan-batasan dalam Islam yang telah ditentukan oleh Allah Swt agar mencapai falah di dunia dan di akhirat. Pada temuan ini penelitin mengetahui ada beberapa faktor yang menjadi pendung dan penghambat dalam pemberdayaan ini, faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan dari Pemerintah Daerah dengan berdirinya kelompok tani Enggal Mukti ini pemerintah juga memberikan bantuan seperti pupuk dan bibiit sedangkan faktor penghambatnya yaitu, faktor cuaca pada musim-musin tertentu seprti musim hujan dan kemarau yang dimana membuat tanaman para petani yang berkualitas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kesejahteraan, Persepektif Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Jun 2023 09:13
Last Modified: 02 Jun 2023 09:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19443

Actions (login required)

View Item View Item