Tanggung jawab balai konservasi sumber daya alam sumatera utara tentang masuknya hewan buas kepemukiman warga di Padang Lawas menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan perspektif Fiqih Siyasah (Studi di Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara)

Nasution, Lita Apnes (2022) Tanggung jawab balai konservasi sumber daya alam sumatera utara tentang masuknya hewan buas kepemukiman warga di Padang Lawas menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan perspektif Fiqih Siyasah (Studi di Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover.pdf

Download (806kB)
[img] Text
bab 1 -.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB II -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB 3 ,-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
bab 4'.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB V_.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masuknya hewan buas ke pekarangan warga yang berada di desa siundol julu,kecamatan sosopan kabupaten padang lawas.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggung jawab Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara tentang masuknya Hewan Buas ke Pemukiman Warga di Padang Lawas,dan bagaimana Pandangan Fiqih Siyasah terhadap Pertanggung Jawaban Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara tentang masuknya Hewan Buas ke Pemukiman Warga di Padang Lawas. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu kualitatif yang dilakukan di Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara. Dalam penelitian ini penulis menetapkan masyarakat dan pegawai Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara sebagai sample penelitian.Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara: Observasi (pengamatan), Interview (Wawancara) dan Dokumentasi.Dan mengambil sumber data dengan menggunakan data primer,dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realita masih ada kedapatan hewan buas yang masuk ke pekarangan warga.Beberapa pihak balai konservasi sumber daya alam sumut menyatakan bahwa sudah melakukan semaksimal mungkin agar hewan buas kedepannya tidak akan pernah masuk ke pekarangan warga yang berada di desa siundol julu,kecamatan sosopan kabupaten padang lawas. Namun,pada fakta dilapangan masih ada beberapa hewan buas yang masih berkeliaran yang akan berdampak membuat tidak nyaman di masyarakat. Sedangkan dalam perspektif siyasah dusturiyah upaya untuk mencegah hewan buas masuk kepekarangan masyarakat bertujuan untuk membuat masyarakat sejahtera dan nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang di atur didalam undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.Dan analisis dari siyasah dusturiyah merupakan fiqh siyasah yang membahas tentang perundang- undangan negara yang dimana bertujuan membuat masyarakat nyaman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KSDA,Satwa,Tanggung Jawab
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 347 Civil procedure and courts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 May 2023 08:25
Last Modified: 29 May 2023 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19413

Actions (login required)

View Item View Item