Analisis kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah BUMN di Indonesia sebelum dan sesudah merger dengan Metode VECM (Vector Error Corection Model)

Dewi, Shinta Kemala and Nurlaila, Nurlaila (2022) Analisis kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah BUMN di Indonesia sebelum dan sesudah merger dengan Metode VECM (Vector Error Corection Model). Jurnal Infokum, 10 (2). ISSN 2302-9706

[img] Text
Jurnal shinta (sudah terbit).pdf

Download (706kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode VECM (Vector Error Correction Model) untuk menguji kinerja keuangan bank syariah pada tiga bank syariah BUMN sebelum dan sesudah merger. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel untuk penelitian ini adalah adalah 3 Bank BUMN yang dimerger yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, dan BRI Syariah dengan periode 4 tahun dari tahun 2018-2021. Metode analisis data yang digunakan adalah metode VECM (Vector Error Correction Model) dengan alat analisis eviews 9. Terdapat 3 variabel penelitian yaitu profitabilitas, solvabilitas/leverage dan likuiditas, dengan indikator berikut: profitabilitas (ROA, NPM), Solvabilitas (DER, DAR) dan Likuiditas (CR). Profitabilitas (ROA, NPM), Solvabilitas (DER, DAR), Likuiditas (CR).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat perbedaan antara kinerja keuangan perbankan Syariah sebelum dan sesudah merger. Selain itu terdapat hubungan saling mempengaruhi antar indikator variabel, dimana hal ini berarti bahwa setiap indikator variabel satu dan lainnya dapat mempengaruhi naik turunnya kinerja keuangan perbankan Syariah pasca merger.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Merger, Kinerja Keuangan, Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 May 2023 06:05
Last Modified: 26 May 2023 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19389

Actions (login required)

View Item View Item