Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa

Purba, Amalia Anjani and Harahap, Ade Chita Putri (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7 (2). ISSN p-2541-6782, e-ISSN 2580-6467

[img] Text
10.+Amelia+Anjani+Purba.pdf

Download (673kB)
[img] Text
Sertifikat HaKI Ade Ciita (Artikel-1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimental, yaitu melakukan suatu percobaan yang sudah terencana. Peneliti menggunakan desain dengan dua kelompok tidak dipilih secara acak kelompok kontrol dan eksperimen. Kuesioner resiliensi akademik mahasiswa digunakan untuk pengumpulan data. Dengan menggunakan metode Wilcoxon purposive sampling, dipilih 17 Mahasiswa BPKI semester VII dengan resiliensi akademik rendah dari dua kelompok, sembilan mahasiswa kelompok eksperimen dan delapan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan kolmogorov-smirnov two sample. Hasil penelitian resiliensi akademik kelompok eksperimen meningkat signifikan 47,67%, sedangkan resiliensi akademik kelompok kontrol meningkat signifikan 12,42%. Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa resiliensi akademik mahasiswa meningkat dengan layanan bimbingan kelompok dengan mengembangkan topik-topik bahasan yang tepat. Pemberian layanan ini dapat menunjukkan angka perubahan resiliensi akademik mahasiswa yang signifikan.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, resiliensi akademik, mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 May 2023 07:44
Last Modified: 26 Jun 2023 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item