Harahap, Jumli Sabrial and Syarqawi, Ahmad (2023) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 1 Medan. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7 (2). ISSN p-2541-6782, e-ISSN 2580-6467
Text
Jutnal Terbit.pdf Download (744kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MAN 1 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu gambaran tentang apa yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian adalah guru BK, wali kelas dan siswa kelas X IIK. Sumber data didapatkan melalui sumber primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan model Miles and Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini kedisiplinan belajar siswa memiliki tiga faktor yaitu manajemen waktu, teman sebaya dan pengendalian diri. Untuk mengatasi faktor tersebut guru BK melakukan layanan bimbingan kelompok terhadap siswa yang memiliki rendahnya kedisiplinan belajar. Kesimpulan penelitian, dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dapat membantu siswa mengatur waktu belajar dengan efektif, merealisasikan pertemanan sebaya dan dapat mengendalikan diri saat belajar.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, meningkatkan, kedisiplinan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 25 May 2023 07:39 |
Last Modified: | 25 May 2023 07:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19358 |
Actions (login required)
View Item |