Wakaf Produktif (Cash Waqf) Di Aceh Perspektif Maslahat (Kajian Hukum Islam, Maqashid As-Syari’ah Dan Pandangan Ulama Dayah Aceh)

Anwar, Anwar (2023) Wakaf Produktif (Cash Waqf) Di Aceh Perspektif Maslahat (Kajian Hukum Islam, Maqashid As-Syari’ah Dan Pandangan Ulama Dayah Aceh). Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER LENGKAP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 (2).pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB 2 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB 3 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (276kB)
[img] Text
Daftar pustaka.... (1).pdf

Download (348kB)

Abstract

Wakaf produktif (cash waqf) yang menjadi salah satu pengembangan terhadap kajian pembahasan wakaf, dengan berupa uang. Ini menjadi salah satu trend kajian pemikiran hukum Islam dan maqashid al-syari’ah. Akan tetapi, posisi strategis wakaf produktif untuk meningkatkan kemaslahatan ummat, tidak berjalan mulus dengan pandangan ulama dayah di Aceh. Untuk memudahkan kajian penelitian, kerangka rumusan masalah direkomendasikan sebagai berikut. Pertama, Bagaimana Wakaf Produktif (Cash Waqf) Di Aceh Perspektif Maslahat Kajian Hukum Islam? Kedua, Bagaimana Wakaf Produktif (Cash Waqf) Di Aceh Perspektif Maslahat Kajian Maqashid As-Syari’ah? Ketiga, Bagaimana Wakaf Produktif (Cash Waqf) Di Aceh Perspektif Maslahat Kajian Pandangan Ulama Dayah Aceh? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumetasi. Untuk pengecekan keabsahan data, dilakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekuanan pengamatan, dan pengecekan teman sejawat. Adapun temuan penelitian sebagai berikut. Pertama, Wakaf produktif (cash waqf) perspektif maslahat kajian hukum Islam menurut empat mazhab dibolehkan oleh beberapa ulama mazhab dengan syarat dan ketentuan berdasarkan syariah dan sejalan dengan undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf. Kedua, wakaf perspektif maqashid as-syariah, akselerasi dalam manfaat dan kemudahan bagi ummat Islam, yaitu Memelihara agama, jiwa, akal, keturunan dan harta yaitu wakaf dapat bermanfaat untuk peningkatan perekonomian ummat, menumbuhkan kepedulian sosial, meringankan kesulitan hidup dengan memberikan manfaat dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan dan memberikan solusi atas permasalahan ekonomi bagi umat dengan wakaf artinya tercapailah tujuan dari maqshid as syariáh yaitu dapat memberikan kemaslahatan untuk umat. Ketiga, Perbedaan pendapat ulama dayah tentang kebolehan wakaf uang berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini adalah bahwa 80 % ulama dayah tidak membolehkan wakaf uang dan 20 % membolehkan untuk kemaslahatan umat. Adapun yang Sebagian yang memperbolehkan hanya sebagai konsepsi “wakilah” terhadap pembelian sebuah barang (‘ain) atau harta benda yang tidak bergerak. Dan Secara kultural pemikiran ulama dayah Aceh mengikuti mazdhab Syafi’i. Temuan penelitian ini bahwa dapat berkontribusi terhadap penyebar luasan atau sosialiasi tentang keberadaan wakaf produktif di Indonesia yang diperdapati pada UU Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf, sekaligus berkontribusi bahwa produk hukum dan maqashid as-syariah berjalan seirama untuk kemaslatan ummat Islam. Tidak dapat dihindari, terhadap peran ulama dalam hal ini ulama Dayah Aceh dengan kecenderungan terhadap pemikiran mazdhab Syafi’I, yang harus dilakukan sosialisasi dan membuka lebar ruang diskusi.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Wakaf Produktif, Hukum Islam, Maqashid As-Syari’ah, Ulama, Dayah, Aceh
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.25 Pemberian > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 May 2023 07:35
Last Modified: 23 May 2023 07:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item