Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dalam Penyajian Laporan Keuangan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kab. Langkat Sumatera Utara

Widiyanti, Adinda (2022) Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dalam Penyajian Laporan Keuangan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kab. Langkat Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi merupakan susunan berbagai formulir catatan, peralatan, termasuk komputer dan perlengkapannya serta tenaga pelaksana, dan laporan yang terkoordinasikan secara erat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas sistem informasi akuntansi dalam penyajian laporan keuangan dan melihat permasalahan/kendala yang terjadi dalam pelaksanaan sistem informasi akuntansi penyajian laporan keuangan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kab. Langkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 pegawai bagian keuangan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab.Langkat Sumatera Utara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik laporan keuangan dalam sistem informasi akuntansi penyajian laporan keuangan Dukcapil Kab. Langkat sudah efektif hal ini dibuktikan dengan telah terpenuhinya empat karakteristik laporan keuangan. Komponen laporan keuangan dalam sistem informasi akuntansi penyajian laporan keuangan sudah efektif. Keamanan data dalam sistem informasi akuntansi penyajian laporan keuangan sudah efektif. Ketepatan waktu penyampaian informasi akuntansi belum efektif, hal ini terjadi karena dalam penyusunan laporan setiap bidang pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Langkat masih terdapat keterlambatan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Penyajian Laporan Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 May 2023 03:59
Last Modified: 23 May 2023 03:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19309

Actions (login required)

View Item View Item