Pengaruh motivasi guru terhadap keberhasilan menghafal Al-Quran siswa Madrasah Aliyah Tahfizil Quran Islamic Centre Sumatera Utara

Raihan, Anissatur (2016) Pengaruh motivasi guru terhadap keberhasilan menghafal Al-Quran siswa Madrasah Aliyah Tahfizil Quran Islamic Centre Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian/ rancangan penelitian merupakan rancangan untuk menggambarkan prosedur atau langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, dan dengan cara bagaimana data tersebut dihimpun dan diolah. Di dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Variabel bebas yaitu Motivasi guru (variabel X). Variabel terikat yaitu keberhasilan menghafal alquran siswa (variabel Y). Untuk teknik pengumpulan data terdiri dari: angket, observasi, dokumen atau arsip sekolah. Penulis menggunakan rumus Product Moment. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Untuk Mengetahui bagaimana guru memotivasi siswa di MA Tahfizhil Qur`an Islamic Centre Sumatera Utara. 2. Untuk Mengetahui Keberhasilan Menghafal Al-Quran Siswa MA Tahfizhil Qur`an Islamic Centre Sumatera Utara, 3. Untuk Mengetahui Apakah ada Pengaruh Motivasi Guru terhadap keberhasilan Menghafal Al-Quran Siswa MA Tahfizhil Qur`an Islamic Centre Sumatera Utara. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Ada pengaruh motivasi guru terhadap keberhasilan menghafal alquran siswa terhadap keberhasilan menghafal alquran siswa di MA. Tahfizhil Quran Islamic Center Sumatera Utara dengan hasil product moment rhitung> rtabel yaitu 0,577>0,361 dengan tingkat signifikan menunjukkan thitung> ttabel yakni 3,76>1,69 dengan presentase sebesar 33,29% motivasi guru memberikan pengaruh terhadap keberhasilan menghafal alquran siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi guru, Keberhasilan menghafal alquran.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 22 May 2023 04:03
Last Modified: 22 May 2023 04:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item