Analisis Higiene Sanitasi Depot Air Minum Dengan Kandungan E.Coli Di Wilayah Kerja Puskesmas Pabatu Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi

Lestari, Ardila (2023) Analisis Higiene Sanitasi Depot Air Minum Dengan Kandungan E.Coli Di Wilayah Kerja Puskesmas Pabatu Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas air minum lebih tinggi satu tingkat dari pada kualitas air bersih setelah ditinjau dari beberapa komponen pendukung. Parameter wajib untuk memenuhi persyaratan kualitas air minum yang harus dipenuhi, yaitu parameter fisika, kimia, dan biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Higiene Sanitasi Depot Air Minum Dengan Kandungan E. Coli Di Wilayah Kerja Puskesmas Pabatu Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif. Lokasi penelitian dalam penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Pabatu Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini ialah 25 Depot dan sampel penelitian yang digunakan adalah 15 sampel air minum dari 15 depot air minum. Data diperoleh dari hasil observasi akan diolah dan dianalisa secara deskriptif yang dimana untuk menjabarkan distribusi dan frekuensi. Kemudian disajikan dalam bentuk korelasi yang dimana untuk mengetahui apakah ada kaitan antara satu variabel dengan variabel lainnya dan kemudian dinarasikan dengan kajian kepustakaan. Observasi pada 25 depot air minum dapat diketahui bahwa depot air minum yang memenuhi syarat sebanyak 12 depot (48%) dilihat dari nilai total pengukuran lebih dari 70. Sedangkan depot air minum yang tidak memenuhi syarat sebanyak 13 depot (52%) dilihat dari nilai total pengukuran kurang dari 70. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa dari 15 depot air minum, sebanyak 6 depot (40%) tidak memenuhi syarat kualitas air minum dimana terdapat kandungan Escherichia Coli pada air di depot air minum dengan kandungan E.Coli tertinggi 15 CFU/100 ml.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bakteri, Kualitas, Kontaminasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 02:26
Last Modified: 22 May 2023 02:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19258

Actions (login required)

View Item View Item