Manajemen kebijakan kepala sekolah dalam mengaplikasikan visi dan misi di SMP Swasta Tama Ilmu

Varisca, Dian (2019) Manajemen kebijakan kepala sekolah dalam mengaplikasikan visi dan misi di SMP Swasta Tama Ilmu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
dianvarisca.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perencanaan kebijakan kepala sekolah dalam mengaplikasikan visi dan misi, pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam mengaplikasikan visi dan misi dan evaluasi kebijakan kepala sekolah dalam mengaplikasikan visi dan misi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan fenomenologik Tekhnik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah, kepala tata usaha, guru di sekolah tersebut. Analisis data dalam penelitia ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan perifikasi. Tekhnik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data (keterpercayaan), transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan yaitu masih belum terlaksanakan seluruhnya manajemen kebijakan kepala sekolah dengan baik. Dilihat dari proses perencanaan/perumusan sudah dapat terlaksana dengan baik. Namun, pada proses pelaksanaan dan evaluasi saat menjalankan hasil kebijakan tersebut belum terlaksana dengan baik, karena adanya beberapa faktor penghambatnya yaitu anggaran dana, fasilitas serta pendiidk yang masih kekurangan tambahan gaji, sehingga hasil kebijakan yang telah ditetapkan belum terlaksana dengan baik sesuai yang diinginkan. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa di SMP Swasta Tama Ilmu telah melaksanakan sebagian proses manajemen kebijakan pendidikan yaitu merencanakan/merumuskan kebijakan terdapat cara dengan melakukan rapat oleh beberapa pihak sekolah yang berkepntingan. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung maupun penghambat dalam melaksanakan proses terlaksananya kebijakan kepala sekolah dan juga penerapan program-program sekolah. Dan kegiatan evaluasi kebijakan kepala sekolah belum berjalan dengan baik. Karena kepala sekolah belum melakukan rapat secara rutin untuk mengevaluasi program kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kebijakan Pendidikan, Kepala Sekolah, Visi dan Misi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 22 May 2023 02:27
Last Modified: 22 May 2023 02:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19256

Actions (login required)

View Item View Item