Strategi Pemerintahan Desa Dan Tokoh Adat Dalam Pengalokasian Dana Desa Terhadap Aspek Pembangunan 2020 (Desa Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara)

Rambe, Ibnu Hajar (2021) Strategi Pemerintahan Desa Dan Tokoh Adat Dalam Pengalokasian Dana Desa Terhadap Aspek Pembangunan 2020 (Desa Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN,.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)

Abstract

Salah satu tujuan pembangunan adalah tercapainya kesejahteraan rakyat. Desa Sipiongot merupakan salah satu desa yang termasuk tertinggal dalam aspek pembangunan infrastruktur, Jika Mendengar kata Sipiongot Masyarakat di kota pasti tertawa, Karena Sipiongot dikenal orang luar adalah desa yang tertinggal pembangunan infrastruktur dan jalan yang becek dan rusak.Desa Sipiongot Merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan dolok Kabupaten padang lawas utara dan desa Sipiongot di apit oleh tiga bukit diantaranya bukit Sibonggaron, Tikka dan Bartong. Masyarakat Sipiongot mayoritas menganut ajaran Islam dengan presentasi 99% dan penganut ajaran Kristen 1%. Masyarakat sangan memegang tegus yang namnya adat istiadat, Adat umum yang di sangant di pegang oleh masyarakat Sipiongot adalah Dalihan Natolu. Penelitian ini dibuat dengan studi kasus dengan menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, Dengan cara menjelaskan dan menggambarkan kondisi obyek dan subyek penelitian (institusi / kelembagaan, geografis, masyarakat dan lain sebagainya) berdasarkan keadaan yang terbaru dengan fakta yang terlihat dalam keadaan sebenar-benarnya dalam lapangan.dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan teknik deskriptif kualitatif dimana tujuannya untuk memberikan informasi atau memuat gambaran yang terstruktur serta akurat akan fakta-fakta yang ada,teknik ini juga dapat memudahkan penelitian sehinggan nantinya peneliti mampu mengatur dan lebih menajamkan nilai ataupun pola yang akan dohadapi dalam penelitian ini Pemerintah desa Sipiongot selalu mengikut sertakan masyarakat ( perwakilan dari setiap per kepala keluarga ) dalam melaksanakan perencanaan dalam mengalokasikan pembangunan, 20 april 2020 pembangunan jalan rabat di bangun di pemukiman warga sebelah timur desa sipiongot,warga ikut serta dalam rapat perencanaan pembangunan tersebut dan juga dalam pengerjaan nya masyarakat juga di ijinkan ikut serta dengan mengambil batu, kerikil, pasir dari sungai sebagai bahan dasar pembuatan jalan rabat, dimana 1 goni kerikil dihargai Rp. 50.000, batu 30 buah dihargai Rp 50.000 dan pasir satu goni di hargai senilai Rp 85.000 dan setiap per kepala keluarga hanya boleh memilih 1 bahan dasar pembangunan ( batu, kerikil dan pasir ), jadi dalam hal ini masyarakat merasa senang dalam keikutsertaan mereka dalam pengalokasian dana desa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembanguna, Dana Desa, Tokoh Adat
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 01:54
Last Modified: 22 May 2023 01:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19253

Actions (login required)

View Item View Item