Hukum Terhadap Fluktuasi Harga Tiket Pesawat Menurut Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Travel Mutiara Di Desa DahariSelebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara).

Muhammad, Firdaus (2021) Hukum Terhadap Fluktuasi Harga Tiket Pesawat Menurut Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Travel Mutiara Di Desa DahariSelebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf

Download (850kB)

Abstract

Kerjasama antara Agent Travel dengan maskapai penerbangan sebagai perjanjian yang memiliki konsekuensi atas pekerjaan yang dilakukan oleh kedua pihak. Pihak Agent Travel melakukan penawaran tiket berdasarkan ketentuan perusahaan penerbangan yang sering fluktuasi dan harga tersebut bisa berubah-ubah dengan cepat hitungan detik. Dalam operasional, Fluktuasi harga tersebut menjadi suatu permasalahan yang dihadapi oleh Agent Travel dalam memaksimalkan pendapatan perusahaan dan pendapatan yang diperoleh Travel menjadi tidak stabil padahal tingkat pendapatan yang tinggi dan stabil umumnya merupakan daya tarik utama bagi pelaku bisnis untuk melakukan investasi atau memperluas usahanya. Dalam penelitian ini penulis terdiri dari tiga masalah, yakni: Pertama, Bagaimana fluktuasi harga tiket pesawat pada travel di Kabupaten Batu Bara? Kedua, Apa penyebab terjadi fluktuasi harga tiket pesawat pada travel mutiara di Kabupaten Batu Bara? Ketiga, Bagaimana hukum harga tiket pesawat pada travel mutiara di Desa Dahari Selebar Menurut Wahbah Az-Zuhaili?. metode penelitian skripsi ini penelitian yuridis empiris, Pendekatan Masalah conceptual approach, living case studies approach, sumber data primer dan sekunder, metode pengumpulan data wawancara, observasi, studi dokumen, pengolahan analisis data Kualitatif dan Deskriptif Hasil penelitian : Pendapat Wahbah Az-Zuhaili tentang fluktuasi harga dalam jual beli tiket pesawat merupakan perbuatan yang haram hukumnya, Fluktuasi harga tiket pesawat pada Travel Mutiara di Kabupaten Batu Bara pada umumnya disebabkan nilai mata uang rupiah terhadap dolar memang sering naik turun. Meskipun dalam waktu penerbangan yang sama dan rute penerbangan yang bisa mendapat harga yang berbeda dengan penumpang yang lain, karena perubahan harga tiket pesawat bisa diprediksi melalui penetapan sub kelas pada masing- masing maskapai penerbangan. penyebab terjadinya fluktuasi harga tiket pesawat yaitu jarak, semakin jauh jarak tujuan airline, maka semakin mahal harga tiket yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan, berdasarkan hukum permintaan terhadap suatu barang atau jasa dan jumlah persediaan seat dalam suatu penerbangan, semakin sedikit jumlah seat yang tersedia semakin besar biaya yang dibebankan kepada penumpang. Menurut Wahbah Az-zuhaili tentang fluktuasi penjualan tanpa menetapkan harga secara spesifik (atau penjualan dengan harga menggantung yang disesuaikan dengan harga yang akan ditentukan diwaktu mendatang). Bersifat fluktuasi juga menyarankan untuk segera membayar ketika medapatkan batas waktu pembayaran, dalam hal tersebut bisa dilihat dalam transparancy harga terjadi ketidakjelasan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum , Fluktuasi harga, Tiket Pesawat, Wahbah Az-zuhaili.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 May 2023 07:43
Last Modified: 17 May 2023 07:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item View Item