Pola kerja sama guru bimbingan konseling dengan orang tua dalam membina sikap patuh siswa terhadap peraturan MTs Negeri 2 Medan.

Afifah, Nur (2019) Pola kerja sama guru bimbingan konseling dengan orang tua dalam membina sikap patuh siswa terhadap peraturan MTs Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI BURNING.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kerjasama merupakan suatu usaha bersama antara individu dan kelompok manusia untuk mencapai satu tujuan bersama. Untuk mewujudkan kelancaran proses belajar mengajar dibutuhkan kerjasama guru bimbingan konseling dan orangtua dalam membina sikap patuh siswa terhadap peraturan madrasah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk-bentuk kerjasama guru bimbingan konseling dengan orangtua siswa dalam membina siskap patuh siswa terhadap peraturan MTs Negeri 2 Medan, upaya-upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling dengan orang tua siswa dalam membina sikap patuh siswa terhadap peraturan MTs Negeri 2 Medan, faktor pendukung dan penghambatan kerjasama guru bimbingan konseling dan orangtua siswa dalam membina sikap patuh siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis, dengan metode kualitatif bersifat field research, dengan teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, tigaorangtua siswa dan tiga orang siswa MTs Negeri 2 Medan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kerjasama guru bimbingan konseling dan orangtua dalam membina siskap patuh siswa dilakukan dalam tiga bentuk kerjasama yaitu: Bentuk formal dilakukan dengan memberikan surat undangan/pangilan kepada orangtua siswa, mengadakan rapat di sekolah biasanya awal semester dan akhir semester, atau dilaksanakan pada saat siswa melakukan pelangaran tata tertip sekolah seperti bolos sekolah dan lain sebagainya. Bentuk nonformal saling berkomunikasi, menanyakan keadaan anak mereka di luar sekolah yakni di dalam bermasyarakat. Selanjutnya bentuk hubungan informal hubungan yang saling membimbing siswa baik di sekolah yang dilakukan guru bimbingan konseling maupun orang tua di rumah dan saling berdiskusi memberikan ide-ide untuk mengatasi pelanggaran peraturan. Upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling mengadakan bimbingan kepada siswa dan orangtua mengawasi anak mereka. Faktor pendukung, kesamaan bahasa dan tempat tinggal sedangkan faktor penghambat sebagian orangtua kurang peduli dengan anak mereka karena kesibukan orangtua dalam bekerja, sehingga jarang berkomunikasi dengan pihak sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerja sama, Bimbingan dan Konseling, Guru dan siswa. Peraturan MTSn 2, Medan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 16 May 2023 02:27
Last Modified: 16 May 2023 02:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item