Determinan Infeksi Menular Seksual (IMS) Pada Wanita Usia Subur Perkotaan (Analisis Data Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2017)

Mafira, Enno Tubagus (2023) Determinan Infeksi Menular Seksual (IMS) Pada Wanita Usia Subur Perkotaan (Analisis Data Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SAMPAI DAFTAR GAMBAR_ENNO TUBAGUS MAFIRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_ENNO TUBAGUS MAFIRA.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II_ENNO TUBAGUS MAFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
BAB III_ENNO TUBAGUS MAFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV_ENNO TUBAGUS MAFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V_ENNO TUBAGUS MAFIRA.pdf

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR PUSATAKA DAN LAMPIRAN_ENNO TUBAGUS MAFIRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hingga saat ini Infeksi menular seksual (IMS) memiliki kontribusi besar terhadap beban kesehatan global setiap tahunnya Baik negara maju maupun negara berkembang terus berupaya menghadapi dan mencari solusi untuk mengatasi penyakit ini, meskipun upaya pencegahan yang dilaksanakan di berbagai negara nampaknya belum memberikan hasil yang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Determinan Infeksi Menular Seksual Pada Wanita Usia Subur Perkotaan berdasarkan Data SDKI Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian cross-sectional. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Survei Demografi Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Populasi penelitian ini adalah wanita dengan usia 15-49 tahun yang pernah melakukan hubungan seksual. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26.425 sampel. Teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi pada variabel kategorik, analisis hubungan antara variable independen dengan variable dependen menggunakan uji chi-square. data uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel umur (p-value = 0,000), tatus pendidikan (p-value = 0,000), status pernikahan (p-value = 0,000), status ekonomi (p-value = 0,000) dengan kejadian IMS pada wanita usia subur perkotaan di Indonesia. Dan penggunaan Alat Kontrasepsi (p-value = 0,428) dengan kejadian IMS pada wanita usia subur perkotaan di Indonesia. Disarankan kepada masyarakat dalam hal ini wanita usia subur tentunya harus lebih sadar terhadap kesehatannya dengan lebih aktif dalam mencari informasi kesehatan khususnya IMS, perkembangan teknologi yang pesat tentunya memudahkan seseorang dalam mencari informasi yang diinginkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Determinan, Infeksi Menular Seksual, Wanita Usia Subur, Perkotaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 May 2023 07:15
Last Modified: 15 May 2023 07:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19198

Actions (login required)

View Item View Item