Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Intervening Periode 2017-2021

Ramadhani, Eka Fatma (2022) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Intervening Periode 2017-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Eka Fatma.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB I Eka Fatma.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II Eka Fatma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III Eka Fatma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV Eka Fatma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V Eka Fatma.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Eka Fatma.pdf

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengaruh pembiayaan mudharabah dan dana pihak ketiga terhadap profitabilitas bank umum syariah dengan non performing financing (npf) sebagai variabel intervening periode 2017- 2021. Variable independen yang digunakan adalah pembiayaan mudharabah dan dana pihak ketiga, variable dependen yang digunakan pada penelitian ini adalah profitabilitas dan variabel intervening adalah non performing financing (npf). Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder, yaitu jumlah pembiayaan mudharabah dan dana pihak ketiga serta tingkat profitabilitas (roa) dan di dapat dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Data penelitian ini terdiri dari 60 data yang mana data yang digunakan adalah data bulanan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji secara parsial (uji t), uji secara simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2 ) dan uji analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan alat analisis SPSS Versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembiayaan Mudharabah (X1) berpengaruh terhadap NPF (Z), (2) Dana Pihak Ketiga (X2) tidak berpengaruh terhadap NPF (Z), (3) Pembiayaan Mudharabah (X1) tidak berpengaruh terhadap ROA (Y), (4) Dana Pihak Ketiga (X2) tidak berpengaruh terhadap ROA (Y), (5) NPF (Z) berpengaruh terhadap ROA (Y), (6) Pembiayaan Mudharabah (X1), Dana Pihak Ketiga (X2) dan NPF (Z) berpengaruh secara simultan terhadap ROA (Y). (7) Pembiayaan Mudharabah (X1) tidak berpengaruh terhadap ROA (Y) melalui NPF (Z) sebagai Variabel Intervening, (8) Dana Pihak Ketiga (X2) tidak berpengaruh terhadap ROA (Y) melalui NPF (Z) sebagai Variabel Intervening.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah, Dana Pihak Ketiga, Profitabilitas, Non Performing Financing
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 08:13
Last Modified: 09 May 2023 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item