Pengaruh istri berpendidikan tinggi terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif Undang-Undang No.1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus Di Kecamatan Medan Selayang)

Novayanti, Novayanti (2022) Pengaruh istri berpendidikan tinggi terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif Undang-Undang No.1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus Di Kecamatan Medan Selayang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_Novayanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1_Novayamti.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II_Novayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III_Novayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB IV_Novayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V_Novayanti.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Novayanti.pdf

Download (482kB)

Abstract

Setiap pasangan yang telah menikah sangat mendambakan biduk rumah tangganya selalu harmonis dan sakinah. Tujuan dari sebuah perkawinan dan penerapan hak dan kewajiban suami istri,karena di zaman sekarang banyak pernikahan-pernikahan yang masih seumur jagung terpaksa harus kandas. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi seperti faktor ekonomi, ketidaktahuan terhadap hak dan kewajiban sebagai suami istri, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), adanya orang ketiga, kurang matangnya pemikiran suami/istri sehingga menyebabkan percekcokan dan lain sebagainya. Dalam Undang- Undang Perkawinan No. 1 Tahun 1974 memiliki prinsip perkawinan yaitu, calon suami istri itu harus telah masak jiwa raganya untuk dapat melangsungkan perkawinan, agar supaya dapat mewujudkan tujuan perkawinan secara baik tanpa berakhir pada perceraian namun, pada beberapa keluarga di Kec. Medan Selayang rumah tangga nya tidak harmonis bahkan sampai terjadi perceraian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keharmonisan dan pengaruh istri yang berpendidikan tinggi terhadap keharmonisan rumah tangga melalui Undang-Undang Perkawinan di Indonesia dan Kompilasi Hukum Islam yang telah peneliti rangkum sebuah konsep keharmonisan rumah tangga yang terdiri dari 4 poin, yaitu melaksanakan hak dan kewajiban, telah matang jiwa dan raganya, musyawarah dalam memutuskan persoalan, dan meningkatkan spiritualitas. Penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan sampel menggunakan metode Purposive Sampling yaitu terkhusus ibu rumah tangga yang berpendidikan yang akan dijadikan sampel. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ternyata tingkat keharmonisan istri berpendidikan tinggi di Kec. Medan Selayang 90% dan sisanya karena faktor ekonomi dan kurangnya komunikasi terhadap keluarga dan pendidikan tinggi pada istri juga sangat berpengaruh terhadap keharmonisan. Kemudian dalam penerapan keharmonisan perspektif UU Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam juga dilakukan dan sudah diketahui oleh sebagian besar keluarga di Kec. Medan Selayang, artinya konsep keharmonisan tersebut diatas sejalan dengan realita yang ditemukan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan, UU Perkawinan, Kompilasi Hukum Islam.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 03:00
Last Modified: 09 May 2023 03:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19108

Actions (login required)

View Item View Item