Implementasi konsep matematika dalam Al-Qur'an pada Kurikulum Madrasah

Nasution, Abdul Fattah (2017) Implementasi konsep matematika dalam Al-Qur'an pada Kurikulum Madrasah. Jurnal EduTech, 3 (1). ISSN SSN: 2442-6024 e-ISSN: 2442-7063

[img] Text
JURNAL-ISSN_2442-6024.pdf

Download (382kB)

Abstract

Al-Qur‟an merupakan kitab yang istimewa karena dapat ditinjau dari berbagai aspek keilmuan, sehingga banyak peneliti yang terinspirasi dari Al-Qur‟an untuk mengembangkan keilmuan yang mereka tekuni. Begitu juga yang memuat konsep matematika, banyak ayat-ayat Al-Qur‟an yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap bidang matematika. Mempelajari Al-Qur‟an layaknya seperti mempelajari alam semesta beserta isinya, tidak ada habisnya dan selalu memunculkan hal-hal yang baru. Inilah yang menjadi kemukjizatan Al-Qur‟an, semakin dalam mempelajarinya maka tabir keilmuan pun akan terbuka lebar maka tersibaklah cakrawala yang begitu luas untuk diketahui. Demikian juga kalau dikaitkan antara konsep matematika dalam Al-Qur‟an dengan kurikulumnya madrasah. Kajian tentang implementasi konsep matematika dalam AlQur‟an sangat penting pada pendidikan madrasah sehingga hakikat pembelajaran matematika dapat dipahami dan diaplikasikan secara tepat. Penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika dalam Al-Qur‟an antara lain meliputi; aljabar, geometri, himpunan, pengukuran, statistika, logika, estimasi dan lain-lain. Konsep Matematika tersebut banyak telah terangkum dalam kurikulum madrasah baik pada tingkat dasar maupun tingkat lanjutan (MI/MTs/MA). Implementasi konsep matematika Al-Qur‟an pada kurikulum madrasah perlu penekanan lebih kuat pada pemahaman hakikat dan arti bahwa matematika adalah bagian dari ilmu yang dapat mendekatkan peserta didik pada sang khalik sehingga matematika dapat membentuk karakter dan kepripadian peserta didik yang teliti, akurat, perhitungan cermat, menggunakan akal pikiran yang dianugerahi ilahi seningga menjadi golongan ulul albab (orang-orang yang dapat mengembangkan potensi dzikir dan fikir untuk menghasilkan amal sholeh).

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Al-Qur‟an, Konsep matematika, Kurikulum
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.35 Kurikulum
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 May 2023 04:48
Last Modified: 08 May 2023 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item View Item