Kepemimpinan Politik Islam di Indonesia Menurut Perspektif Nahdatul Ulama (Studi Kepemimpinan KH. Hasyim Asy’ari Tahun 1926-1946)

Khairuna, Annisa (2022) Kepemimpinan Politik Islam di Indonesia Menurut Perspektif Nahdatul Ulama (Studi Kepemimpinan KH. Hasyim Asy’ari Tahun 1926-1946). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Sebagai organisasi kemasyarakatan Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) terang-terangan memproklamirkan pemikirannya yang berpedoman Sunni, dan hal ini sudah tentu disebabkan oleh pemahaman dan ajaran keagamaan Sunni tersebut. Selain itu, sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial-keagamaan, NU turut memberikan partisipasinya demi mewujudkan cita-cita bangsa, sebab lahirnya NU diharapkan mampu memberikan sumbangsih kepada bangsa, bukan hanya kepada jamaahnya semata. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Nahdlatul Ulama terhadap politik Islam serta perkembangan politik Islam di Indonesia pada masa KH. Hasyim Asy’ari. Sifat kajian dari skripsi ini adalah deskriptif analisis. Metode ini digunakan sebagai upaya untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara sistematis terhadap beberapa fakta, sehingga memberikan gambaran tentang apresiasi pemikiran dan dinamika yang terjadi di dalam Nahdlatul Ulama. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa NU tidak hanya mengakui sebagai penganut Sunni semata, tetapi juga menjabarkannya dengan rinci dan komprehensif. Bagi para ulama NU, Sunni merupakan corak keberagaman umat Islam, baik teori maupun praktik yang didasarkan atas tradisionalisme madzhabiyah. Sebagai pendiri jam’iyyah NU, peran kebangsaan dari KH. Hsyim Asy’ari mulai dirasakan setelah sekian puluh tahun beliau wafat ialah diakuinya NU sebagai salah satu organisasi besar umat Islam yang memberi warna terhadap Islam yang tumbuh dan berkembang di Indonesia yaitu Islam yang moderat dan menghargai perbedaan. Perpaduan Keislaman dan Keindonesiaan yang baik di Indonesia tercapai salah satunya berkat peran NU.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asy’ari
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 May 2023 03:24
Last Modified: 08 May 2023 03:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19078

Actions (login required)

View Item View Item