Pemanfaatan Air Hujan Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Terhadap Al-Quran Surah Al-Anfal Ayat 11 Menurut Tafsir Al-Azhar Buya Hamka)

Khairullah, Muhammad Farhan (2022) Pemanfaatan Air Hujan Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Terhadap Al-Quran Surah Al-Anfal Ayat 11 Menurut Tafsir Al-Azhar Buya Hamka). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Air Hujan Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Terhadap Al-Quran Surah Al-Anfal Ayat 11 Menurut Tafsir Al-Azhar Buya Hamka)”. Hujan merupakan bentuk keseimbangan alam yang di ciptakan oleh Allah Swt. tanpa ada hujan, kuantitas air di bumi tidak akan mencukupi kehidupan di dalamnya. Penelitian ini fokus mengkaji pemanfaatan air hujan dalam Al-Quran surah Al-Anfal ayat 11. Air hujan merupakan sumber air yang berlimpah, terutama pada musim penghujan. Sebaliknya bila air hujan tidak dikelola dengan baik akan dapat menimbulkan bencana, seperti banjir dan tanah longsor. Dari latar belakang tersebut, penulis mengangkat tema ini berfokus pada rumusan masalah sebagai berikut. 1) Penafsiran Buya Hamka terhadap surah Al-Anfal ayat 11? 2) Mengetahui manfaat hujan menurut surah Al-Anfal ayat 11?. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) yang menjadikan Tafsir Al-Azhar sebagai sumber primer. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tafsir tahlili. Metode Tahlili menjelaskan keterkaitan kata dengan kata lainnya dalam satu ayat atau beberapa ayat. Dari hasil penelitian ini, penulis menemukan bahwa air hujan yang dijelaskan dalam Al-Quran bukan hanya sekedar air yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, namun dijelaskan juga mengenai air hujan bahwa air hujan dapat membersihkan diri yang bersih dan terbuka. Air hujan juga dapat menghilangkan bisikan-bisikan setan. Dan air hujan juga membawa kegembiraan serta membawa kebebasan hati, menjadi kuat dan teguh pendirian

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hujan, Manfaat
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 May 2023 03:03
Last Modified: 08 May 2023 03:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19076

Actions (login required)

View Item View Item