Analisis Strategi Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Mendukung Keuangan Inklusif Bagi Sektor Mikro (studi kasus PT. BPRS Gebu Prima Medan)

Afrilia, Mely Nur (2023) Analisis Strategi Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Mendukung Keuangan Inklusif Bagi Sektor Mikro (studi kasus PT. BPRS Gebu Prima Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada PT. BPRS Gebu Prima Medan dari 5 tahun terakhir perusahaan terjadinya penurunan jumlah nasabah pada produk pembiayaan, padahal BPRS Gebu Prima telah melakukan berbagai promosi tetapi masih dibilang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembiayaan pada BPRS Gebu Prima Medan, apa saja kendala yang terjadi dalam pembiayaan bagi sektor mikro serta solusi dan penyelesaiannya dengan menggunakan analisis SWOT pada PT BPRS Gebu Prima Medan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif yaitu tata cara penelitian dengan teknik wawancara yang menghasilkan data deskriptif, yaitu dengan cara menganalisa faktor – faktor internal untuk mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaaan, dan juga menganalisa faktor – faktor eksternal perusahaan untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi oleh sebuah perusahaan. Dan apa yang dinyatakan oleh responden secara lisan ataupun tulisan dan prilaku nyata. Dari hasil penelitian menggunakan metode SWOT dari faktor internal dan faktor eksternal menunjukkan bahwa PT. BPRS Gebu Prima Medan masuk pada tipe kuadran I. (positif, positif), merupakan posisi yang sangat menguntungkan. Perusahaan mempunyai peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada secara maksimal. Setidaknya menerapkan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Adapun analisis kendala dalam pembiayaan pada sektor mikro menggunakan SWOT telah sesuai dengan UU perbankan dan perspektif islam dalam penerapannya tidak mangandung unsur – unsur yang dilarang dalam perbankan syariah. Dan untuk mengatasi ancaman maka bank akan melakukan menajemen resiko dalam pembiayaan dengan cara Rescheduling, Reconditioning, dan Restrukturing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan, Keuangan Inklusif, UMKM, dan SWOT
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 May 2023 07:52
Last Modified: 05 May 2023 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item View Item