Pandangan Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Terhadap Pekerja Anak di Bawah Umur (Studi Kasus di Kecamatan Medan Timur)

Abdillah, M. Farhan (2022) Pandangan Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Terhadap Pekerja Anak di Bawah Umur (Studi Kasus di Kecamatan Medan Timur). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (978kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan salah satu amanah sekaligus karunia yang diberikan Allah SWT kepada keluarga bahkan anak dianggap sebagai harta kekayaan yang paling berharga yang tidak dapat dijualbelikan dibandingkan kekayaan harta benda lainnya yang dapat dijualbelikan. Anak sebagai amanah dan titipan dari Allah yang senantiasa harus dijaga karena di dalam diri anak terdapat harkat, martabat, dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Anak merupakan pewaris serta potret masa depan di masa akan datang, penerus cita-cita bangsa, sehingga semua anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang. Munculnya Pekerja Anak membuat sebab Peneliti tertarik untuk membahas Skripsi yang berjudul Pandangan Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Terhadap Pekerja Anak Di Bawah Umur (Studi Kasus Di Kecamatan Medan Timur). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik Pekerja Anak yang terjadi di wilayah Medan Timur, bagaimana pandangan Hukum Islam serta pandangan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Terhadap Pekerja Anak Di Bawah Umur dan Hukum manakah yang lebih spesifik dan relevan diantara kedua Hukum tersebut. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pendapat Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan serta mengetahui perbedaan dan persamaan terhadap kedua hukum yang tertulis. Adapun metode yang digunakan adalah metode komparatif, deskriptif dan analitik. Pendekatan penelitian ini menggunakan Sosiologis, Yuridis dan normatif-empiris. Sumber data ini merupakan wawancara dari tiga orang responden atau subjek penelitian yang berada di Kecamatan Medan Timur. Berdasarkan uraian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa mempekerjakan anak di bawah umur dalam Hukum Islam merupakan tindakan kejahatan yakni jarimah ta’zir sedangkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan adalah tindakan kejahatan yang memuat sanksi hukuman penjara dan denda sesuai dengan pasal yang berlaku.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.8 Fikih dan berbagai paham
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 May 2023 03:17
Last Modified: 05 May 2023 03:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19048

Actions (login required)

View Item View Item