Zat Hijau Daun (Klorofil) Dalam Alquran Surah Yasin Ayat 80 Dan Al-Waqiah Ayat 71-74 (Studi Kajian Tafsir Al-Ayat Al-Kauniyah Fi Al-Qur’an Al-Karim Karya Zaghlul Raghib An-Najjar)

Nisa, Khairun (2022) Zat Hijau Daun (Klorofil) Dalam Alquran Surah Yasin Ayat 80 Dan Al-Waqiah Ayat 71-74 (Studi Kajian Tafsir Al-Ayat Al-Kauniyah Fi Al-Qur’an Al-Karim Karya Zaghlul Raghib An-Najjar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER,.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Kajian ini membahas mengenai Zat Hijau Daun (Klorofil) serta penjelasan dan gambaran umum tentang isyarat ilmiah dalam Alquran menurut Kitab Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fi al-Qur’an al-Karim, karya Zaghlul an-Najjar berdasarkan Qs.Yasin/36:80& al-Waqiah/56:71-74. Kajian ini menarik untuk dikaji sebab perbedaaan pola pikir dikalangan mufassir dalam menafsirkan ayat yang berkenaan dengan kemukjizatan, Alquran yaitu Qs. Yasin ayat 80. Pada umumnya kebanyakan para mufassir khususnya mufassir klasik memaknai ayat ini berdasarkan terjemahan umum, yaitu jawaban Allah atas orang-orang musyrik yang tidak percaya terhadap hari kebangkitan. Akan tetapi Allah swt menjawab dengan jawaban yang penuh makna yakni dengan menyebutkan kata pencipta tanaman hijaulah yang akan membangkitkan manusia dari tulang belulang yang rapuh di alam kubur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-analisis, yaitu penelitian memaparkan dan menganalisa secara detail. Jenis kajian yang digunakan ialah library Research atau kajian pustaka. Dengan pendekatan Hasil penelitian yang diperoleh ialah surah yasin ayat 80 dan surah al- Waqi‟ah ayat 71-74 mencantum kata “pohon hijau” dan “api” yang ada kaitan satu dengan lainnya. Dalam hal ini penafsiran Zaghlul Raghib an-Najjar mengatakan bahwa proses ini sangat menakjubkan dan hanya terjadi pada tumbuhan hijau. Allah swt hanya mentakdirkan proses ini pada tumbuhan hijau. Dengan menyebutkan jenis pohon marakh dan affar yang dapat menyalakan api. Kemampuan luar biasa yang diberikan Allah swt bagi tumbuhan hijau untuk menyerap energi matahari melalui proses fotosintesis, tumbuhan hijau memberikan oksigen kepada manusia dan hewan dengan cara menyebarkannya di udara bumi, kemudian manusia melepaskannya ke atmosfir melalui proses pernafasan (karbondioksida). Ketika pohon yang hijau menjadi kering ia berubah menjadi energi alami. Kekuasaan Allah di dalam menjadikan pohon yang hijau sebagai sumber api untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan Hijau, Api, Klorofil, fotosintesis, Energi
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 May 2023 03:15
Last Modified: 04 May 2023 03:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item